Badan Bahasa dan Perbukuan Gelar Seleksi Calon Penulis Buku Teks Pelajaran untuk Program Keahlian SMK/MAK Kelas X

Badan Bahasa dan Perbukuan Gelar Seleksi Calon Penulis Buku Teks Pelajaran untuk Program Keahlian SMK/MAK Kelas X

Jakarta, Badan Bahasa dan Perbukuan—Pusat Perbukuan (Pusbuk), Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kemendikbud, melaksanakan kegiatan Seleksi Calon Penulis Buku Teks Pelajaran untuk Program Keahlian (C2) SMK/MAK Kelas X di Gedung Pusat Perbukuan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, pada Senin, 24 Juni 2019.

Kegiatan itu diikuti oleh 75 peserta yang terdiri dari guru, dosen, dan praktisi profesional yang telah lolos seleksi administrasi. Pada tahap seleksi ini peserta akan melakukan tes lanjutan, berupa tes tertulis dan wawancara.

Dr. Ence Oos M. Anwas selaku Kepala Bidang Pengembangan dan Penyusunan Buku menyebutkan dari sekitar sembilan bidang keahlian dengan 48 program keahlian, terdapat 146 program keahlian dan 162 mata pelajaran yang harus dibuatkan bukunya. Pada tahun ini, Pusbuk menargetkan sekitar 22 mata pelajaran yang harus segera dirampungkan, agar tahun depan dapat segera disebarluaskan dan digunakan secara nasional.

Ia menuturkan bahwa lamanya waktu yang dibutuhkan Pusbuk dalam pembuatan buku nonteks menjadi tantangan tersendiri karena proses yang dilakukan di lapangan sangat panjang, mulai dari pemilihan penulis yang berkompeten dan berkomitmen tinggi, penulisan materi substansi yang wajib menaati aturan yang berlaku, pengolahan naskah, pengaturan tata letak naskah, penilaian buku, dan uji coba kelayakan buku. Untuk itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan para penulis dapat menghasilkan produk buku-buku C2 yang bermutu. (za,an)
 

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa