Sinergi Balai Bahasa Kalimantan Tengah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Barat dalam Peningkatan Kompetensi Berbahasa Indonesia

Sinergi Balai Bahasa Kalimantan Tengah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Barat dalam Peningkatan Kompetensi Berbahasa Indonesia

Balai Bahasa Kalimantan Tengah kembali menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Tenaga Profesional dan Calon Tenaga Profesional di Kabupaten Kotawaringin Barat. Peserta kegiatan ini adalah guru SD dan SMP se-Kecamatan Arut Selatan. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 12 sampai dengan 15 Februari 2020 di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat, M. Rosihan Pribadi. Dalam sambutannya, Rosihan mengimbau agar seluruh peserta dapat menyerap informasi dan mengambil manfaat dari narasumber yang memberikan materi untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Indonesia guna mendukung proses belajar mengajar.  Selanjutnya, Rosihan juga berpesan agar ilmu yang didapatkan dalam kegiatan ini dapat diterapkan dan disebarluaskan di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah, Drs. I Wayan Tama, M. Hum., dalam sambutannya mengatakan bahwa bahasa Indonesia bukan hanya berperan sebagai alat komunikasi, tetapi juga memiliki peran lain, salah satunya sebagai alat pemersatu bangsa. Wayan juga menyampaikan sebagai Warga Negara Indonesia, kita harus terampil berbahasa Indonesia sesuai dengan situasi dan kondisi karena bangsa yang berliterasi tinggi dapat memenangi persaingan global. Masih dalam sambutannya, Wayan menekankan akan terus bersinergi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat  dalam peningkatan kualitas guru di bidang kebahasaan.

Penyuluhan ini diikuti oleh 40 orang guru SD dan SLTP. Materi yang diberikan kepada peserta adalah Ejaan yang disampaikan oleh Drs. I Wayan Tama, M. Hum., Kata dan Pilihan Kata oleh Rensi Sisilda, S.S., Kalimat dan Paragraf oleh Ralph Hery Budhiono, M.A., serta Apresiasi Sastra oleh Elis Setiati, M. Hum..

Di hari terakhir, peserta mengikuti sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) oleh tim UKBI Balai Bahasa Kalimantan Tengah sekaligus mengikuti Tes UKBI Pelatihan seri Kedua. Tujuan tes ini adalah mengukur kemampuan berbahasa Indonesia peserta penyuluhan. Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan ini, kemampuan berbahasa Indonesia para peserta diharapkan meningkat sehingga kemudian dapat mengikuti Tes UKBI Berbayar untuk mendapatkan sertifikat nasional.

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa