Penyuluhan Bahasa Indonesia di Sumatra Barat

Penyuluhan Bahasa Indonesia di Sumatra Barat

Balai Bahasa Sumatera Barat melaksanakan sepuluh kegiatan Penyuluhan Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Tenaga Profesional dan Calon Tenaga Profesional di Provinsi Sumatra Barat. Dari sepuluh kegiatan penyuluhan itu, lima kegiatan dilaksanakan di Kota Padang dan lima lainnya dilaksanakan di luar Kota Padang. Kegiatan tersebut telah dimulai sejak bulan Februari dan akan berakhir di bulan April 2020.

Kepala Balai Bahasa Sumatra Barat, Drs. Dwi Sutana, M.Hum., mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan pertama dilaksanakan di Kabupaten Solok Selatan pada tanggal 24—26 Februari silam dan akan berakhir di Kota Padang pada April mendatang. Menurutnya, setiap kegiatan penyuluhan tersebut diikuti oleh empat puluh peserta.

“Pada penyuluhan ini kita menyasar kalangan profesional, seperti guru SD, guru SMP, serta pegawai di instansi pemerintah. Dalam melaksanakan kegiatan ini Balai Bahasa Sumatra Barat menggandeng dinas pendidikan serta instansi pemerintah lainnya untuk bekerja sama”, ujarnya.

Dwi juga menjelaskan bahwa materi penyuluhan yang diberikan, seperti ejaan, bentuk, dan pilihan kata, serta penyusunan kalimat sangat bermanfaat bagi guru dalam menunjang aktivitas mengajarnya di sekolah. Sementara itu, bagi peserta yang berasal dari intansi pemerintah, pengetahuan kebahasaan ini sangat berguna terutama untuk mengonsep surat dan menyusun laporan. (Joni Syahputra)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa