Balai Bahasa Kalimantan Tengah Mendukung Pengembangan Kompetensi Berbahasa Indonesia di Gunung Mas

Balai Bahasa Kalimantan Tengah Mendukung Pengembangan Kompetensi Berbahasa Indonesia di Gunung Mas

Balai Bahasa Kalimantan Tengah menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan Kemahiran Berbahasa Indonesia pada tanggal 11—14 Maret 2020 di Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas. Kegiatan tersebut diikuti oleh empat puluh orang peserta yang terdiri atas guru SD dan SLTP.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas, Singong, S.Pd., M.Si., membuka kegiatan secara resmi. Dalam sambutannya, Singong menyampaikan bahwa bahasa Indonesia adalah dasar dalam komunikasi antara guru dan siswa.  Oleh karenanya, kemampuan berbahasa Indonesia guru perlu terus diperbarui seiring perkembangan zaman. Guru juga diminta untuk selalu mengembangkan kompetensinya menuju Indonesia Emas 2045. Selain itu, Singong juga mengharapkan adanya tindak lanjut kerja sama lebih dalam antara Balai Bahasa Kalimantan Tengah dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas.

Selama kegiatan peserta memperoleh empat materi, yaitu Ejaan Bahasa Indonesia oleh Drs. I Wayan Tama, M.Hum., Bentuk dan Pilihan Kata oleh Rensi Sisilda, S.S., Kalimat dan Paragraf oleh R. Hery Budhiono, M.A., dan Apresiasi Sastra oleh Elis Setiati, M.Hum. Selain itu, juga akan dilakukan sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) kepada peserta kegiatan. Melalui sosialisasi ini, peserta diharapkan mengetahui dan memahami pentingnya mengikuti tes UKBI untuk mengukur kemampuan dan kemahiran dalam berbahasa Indonesia.

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa