Lomba Ketangkasan Berbahasa Tahun 2020 Dilaksanakan Balai Bahasa Sulawesi Tengah dengan Sukses

Lomba Ketangkasan Berbahasa Tahun 2020 Dilaksanakan Balai Bahasa Sulawesi Tengah dengan Sukses

Pada Rabu, 10 Juni 2020 Balai Bahasa Sulawesi Tengah mengadakan kegiatan Lomba Ketangkasan Berbahasa Tahun 2020 dengan tema "Belajar dari Covid-19". Lomba tersebut dimulai dengan pendaftaran dan penerimaan berkas pada 10—27 Juni 2020, lalu dilanjutkan dengan penilaian naskah pada 29 Juni 2020, dan diakhiri dengan pengumuman pemenang pada 30 Juni 2020.

Lomba diikuti oleh siswa SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA se-Sulawesi Tengah. Tiap-tiap jenjang pendidikan memiliki lombanya masing masing. Siswa SD/MI mengikuti Lomba Cipta Puisi, siswa SMP/MTs mengikuti Lomba Penulisan Cerpen, dan siswa SMA/SMK/MA mengikuti Lomba Penulisan Esai. Semuanya menggunakan tema yang sama, yaitu "Belajar dari Covid-19". Dari setiap jenis lomba tersebut dipilih 10 orang sehingga pemenang total dari semua jenis lomba adalah 30 orang. Untuk itu, Balai Bahasa Sulawesi Tengah menyiapkan hadiah berupa uang tunai, plakat, dan piagam penghargaan bagi para pemenang yang terpilih berdasarkan penilaian juri.

 

Seperti tampak dalam  flyer tersebut, Balai Bahasa Sulawesi Tengah menyiapkan hadiah total mencapai 27 juta rupiah. Balai Bahasa Sulawesi Tengah berharap bahwa lomba tersebut dapat melatih dan menumbuhkan minat, bakat, dan kreativitas menulis siswa, serta dapat meningkatkan kepekaan generasi muda terhadap masalah sosial di sekitarnya. Selain itu, kegiatan lomba tersebut merupakan usaha dari Balai Bahasa Sulawesi Tengah untuk meningkatkan minat belajar dan berliterasi siswa sekolah di tengah pandemi Covid-19. Balai Bahasa Sulawesi Tengah berharap bahwa siswa tetap memiliki semangat bersaing secara sehat melalui lomba yang diadakan walaupun sedang melakukan aktivitas belajar dari rumah (BDR).

Lomba tersebut mendapat respons yang cukup baik dari para siswa. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mendaftar walaupun waktu yang disediakan panitia untuk mendaftar dan mengirimkan naskah hanya sekitar dua minggu. Jumlah pendaftar mencapai 196 orang dengan perincian sebagai berikut: siswa SD/MI sebanyak 84 orang, siswa SMP/MTs sebanyak 66 orang, dan siswa SMA/SMK/MA sebanyak 46 orang.

Selain mendapat respons yang baik dari para siswa, lomba tersebut juga mendapat respons dan umpan balik yang baik dari para guru dan komunitas literasi di Sulawesi Tengah. Beberapa siswa memberikan komentar positif terkait dengan lomba tersebut. Di antara komentar siswa tersebut ialah komentar dari @nadyaputriyakub, yaitu “Terima kasih kepada Balai Bahasa Sulawesi Tengah karena telah memberikan saya kesempatan ini. Saya semakin semangat untuk terus berkarya”. Selain itu, komentar lain disampaikan oleh @arya.ananta_reall, yaitu “Terima kasih @balaibahasa sulteng, mulai sekarang saya akan semangat membuat karya-karya yang lebih bagus lagi”. Umpan balik tersebut disampaikan oleh para siswa di halaman Instagram Balai Bahasa Sulawesi Tengah.

Semua proses lomba tersebut, dari pengiriman naskah oleh peserta sampai dengan penyeleksian oleh dewan juri dilakukan secara daring. Setelah hasil lomba diumumkan pada 30 Juni 2020, hadiah dan penghargaan lain dikirimkan oleh panitia kepada peserta. Hanya peserta yang berdomisili di Kota Palu yang boleh mengambil hadiah secara langsung di Balai Bahasa Sulawesi Tengah. 

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa