Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020

Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020

Palangkaraya—Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah telah dilaksanakan pada Kamis, 30 Juli 2020. Sebanyak dua puluh finalis telah melalui rangkaian seleksi dan terpilihlah Bernadetta Germia Muthi sebagai Terbaik I Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2020.

Adapun, dewan juri pada Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 terdiri atas (1) Drs. I Wayan Tama, M.Hum., Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah; (2) R. Hery Budhiono, M.A., Peneliti Muda Balai Bahasa Kalimantan Tengah; (3) Neni Maria, S.Si., Redaktur Kepala Seksi Berita TVRI Provinsi Kalimantan Tengah; (4) Dr. Guntur Talajan, S.H., M.Pd., Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah; (5) Saring, S.H., M.H., Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah; (6) Tirta, S.Sos., Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah; dan (7) Glory Kriswantara, S.Pd., Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2009.  

Dr. Guntur Talajan, S.H., M.Pd., sebagai juri tamu pada Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Tahun 2020 menyampaikan dukungannya terhadap Duta Bahasa Putra dan Putri yang terpilih untuk mewakili Kalimantan Tengah di tingkat nasional. Menurutnya, duta bahasa sebagai bagian dari generasi muda harus mencintai bahasa, baik bahasa Indonesia, daerah, maupun bahasa asing. Bahasa merupakan bagian dari budaya yang harus selalu dijaga dan dilestarikan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Swiss-Belhotel Danum Palangkaraya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Selain penampilan dari kedua puluh finalis, ada juga penampilan spesial dari perwakilan Ikatan Duta Bahasa Kalimantan Tengah berupa musikalisasi puisi dan tari tradisional Dayak.

Pemilihan Duta Bahasa ini bukan hanya sebagai ajang kompetisi bagi dua puluh finalis terpilih, melainkan juga sebagai ajang menjalin persahabatan. Secara kompetisi, mereka dituntut untuk menampilkan kemampuan terbaik yang dimiliki. Di sisi lain, penting juga bagi mereka untuk menjalin kerja sama. Meskipun Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 telah selesai dilaksanakan, persahabatan dan kekeluargaan yang telah terjalin harus tetap dijaga. Sebelum terpilih putra dan putri terbaik I, kedua puluh finalis telah menyatakan janjinya untuk selalu menjalin persaudaraan dalam Ikatan Duta Bahasa Kalimantan Tengah. Nantinya, dua puluh finalis dapat mengembangkan diri, terutama di bidang kebahasaan dalam Ikatan Duta Bahasa Kalimantan Tengah (Ikadubas).

Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 yang mengangkat tema "Inovasi untuk Negeri" ini telah memberikan pengalaman dan semangat baru bagi generasi muda, khususnya kedua puluh finalis, untuk lebih peduli terhadap bahasa. Kegiatan ini telah memantik semangat mereka untuk selalu mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing. Dengan kemampuan para finalis dalam berbahasa Indonesia, daerah, dan asing, penting bagi mereka untuk memiliki ilmu dan pengetahuan dalam menempatkan bahasa yang mereka kuasai tersebut. Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 yang dilaksanakan dalam serangkaian tahapan ini diharapkan menambah wawasan dan pemahaman finalis tentang kebahasaan sehingga dapat diaktualisasikan dalam kehidupan dan memberi dampak bagi lingkungannya serta mampu berinovasi untuk negeri.

Bernadetta Germia Aridamayanti sebagai Terbaik I Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020, menyampaikan bahwa alasannya mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah karena kecintaannya terhadap bahasa Indonesia. Sementara itu, Cohyo Muthi sebagai Terbaik I Putra Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020, menyampaikan bahwa setelah mengikuti kegiatan ini, dirinya lebih tertarik untuk mempelajari bahasa daerahnya sendiri, selain belajar bahasa Indonesia dan bahasa asing. Duta bahasa terpilih tersebut mengajak generasi muda, khususnya di Kalimantan Tengah, untuk lebih mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing. Selanjutnya, duta bahasa yang terpilih ini akan mewakili Provinsi Kalimantan Tengah dalam Pemilihan Duta Bahasa Nasional Tahun 2020.

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa