Upacara Daring 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

Upacara Daring 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

Jakarta—Peringatan  Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2020 berbeda daripada biasanya karena dilaksanakan dalam suasana pandemi virus korona. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan mengacu pada surat Menteri Sekretaris Negara nomor B492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 tanggal 6 Juli 2020 tentang Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020 mengadakan upacara peringatan kemerdekaan itu dengan cara mengikuti pelaksanaan Upacara Peringatan ke-75 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI secara virtual yang disiarkan langsung dari Istana Merdeka, Jakarta.

Upacara dalam jaringan (daring) yang diadakan pada Senin, 17 Agustus 2020, pukul 09.30, di halaman lobi Gedung Ki Hadjar Dewantara, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan itu diikuti oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim, para Pimpinan Unit Utama dan Staf Khusus Menteri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu Sekretaris Jenderal, Ainun Na’im; Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Iwan Syahril; Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Jumeri; Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto; Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam; Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid; Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Totok Suprayitno; Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Endang Aminudin Aziz; Staf Ahli Bidang Regulasi Pendidikan dan Kebudayaan merangkap plt. Inspektur Jenderal, Chatarina Muliana Girsang.

Mendikbud dan para pejabat eselon 1 tersebut berupacara menggunakan busana adat/tradisional Indonesia. Pada kesempatan itu, Nadiem A. Makarim mengenakan busana adat khusus bangsawan Betawi, baju ujung serong, yang pada zaman dahulu khusus diperuntukkan bagi para demang. (TD)

#MerdekaBelajar#BangkitUntukIndonesiaMaju#IndonesiaMaju#HUTRI75

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa