Pembukaan Program BIPA di KBRI Roma: "alla vista si conosce il cuore", Tak Kenal maka Tak Sayang

Pembukaan Program BIPA di KBRI Roma: "alla vista si conosce il cuore", Tak Kenal maka Tak Sayang

KBRI Roma, Italia menyelenggarakan program pembelajaran jarak jauh (PJJ) BIPA secara daring pada tanggal 1 Maret—31 Mei 2021. Program ini diselenggarakan atas fasilitasi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) dalam bentuk penyediaan tenaga pengajar BIPA. Lebih dari 40 pemelajar BIPA mendaftar program ini. Setelah melalui proses verifikasi, sebanyak 24 pemelajar ditetapkan untuk mengikuti kelas bahasa Indonesia di KBRI Roma. Pada saat ini pemelajar BIPA yang terverifikasi belajar pada level BIPA 1.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Bahasa, E. Aminudin Aziz menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada KBRI Roma atas upayanya dalam pengembangan diplomasi kebahasaan. Amin juga menyampaikan kekaguman atas tingginya minat belajar bahasa Indonesia di Italia. Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan beberapa bentuk fasilitasi ke-BIPA-an yang dapat diberikan oleh Badan Bahasa dan menjelaskan tentang program baru Badan Bahasa, yaitu Bestari BIPA dan Beasiswa BIPA. Amin berharap pandemi Covid-19 segera berakhir agar pembelajaran dapat dilakukan secara tatap muka.  

Program BIPA tersebut dibuka secara daring oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Roma, Italia, Esti Andayani pada Jumat, 26 Februari 2021, pukul 10.00 waktu Roma atau 16.00 WIB. Dalam sambutannya, Esti Andayani menyampaikan peribahasa dalam bahasa Italia, yaitu “alla vista si conoscce il cuero” yang berarti “tak kenal maka tak sayang”. Ia juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Badan Bahasa atas dukungan fasilitasi program pembelajaran jarak jauh BIPA yang merupakan program pertama di KBRI Roma. Selain itu, ia juga menyampaikan apresiasi kepada Antonia Soriente yang selalu berupaya mempromosikan bahasa Indonesia. Esti juga mengapresiasi antusiasme pemelajar dalam mengikuti program ini. Pada akhir sambutannya, ia berharap program ini dapat memperkuat hubungan antara Indonesia dan Italia. (SEC)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa