Pengumpulan Data Kosakata Bahasa Tolaki di Kabupaten Konawe

Pengumpulan Data Kosakata Bahasa Tolaki di Kabupaten Konawe

Program pengayaan kosakata bahasa daerah terus berlanjut. Kali ini, tim yang terdiri atas empat orang, yaitu M. Hanafi, Maulita Dewi, Andi Herlina Nur, dan Mifta Huzaena melakukan pengumpulan data kosakata bahasa Tolaki di Kabupaten Konawe.

Pengumpulan data difokuskan pada kosakata bidang seni dalam masyarakat Tolaki. Adapun seni yang dimaksud di antaranya adalah seni gerak, suara, dan kerajinan.

Tim tiba di Kabupaten Konawe, tepatnya di Kota Unaaha pada Minggu, 21 Februari 2021. Pada hari kedua, tim bergerak ke Kecamatan Meluhu untuk melakukan koordinasi dengan tokoh adat setempat sekaligus mengumpulkan data.

Selain menjumpai tokoh adat, tim juga melakukan pertemuan secara langsung dengan para pemuda pelaku seni di wilayah setempat.

Pada pertemuan itu, tim berhasil mengumpulkan kosakata mengenai tarian dalam bahasa Tolaki beserta perlengkapan dan gerakannya, seperti tari lariangi, tari umoara, tari moana, dan berbagai jenis lulo. Hari selanjutnya, tim menemui tokoh adat yang ada di Kecamatan Abuki. Di sana tim mendapatkan keterangan lebih lanjut mengenai kosakata bidang seni dari para informan.

Tidak lupa, tim juga mengunjungi salah satu sanggar yang masih aktif melestarikan kegiatan seni, khususnya tari-tarian di Kabupaten Konawe, yaitu Sanggar Anawai. Melalui sanggar inilah, tim mengetahui bahwa tarian pada masyarakat Tolaki juga telah berkembang dan banyak dikreasikan tanpa meninggalkan keasliannya.

Dalam melaksanakan pengumpulan data ini, tim juga berkoordinasi dengan berbagai dinas terkait, yaitu 1) Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata, 2) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta 3) Perpustakaan Daerah Kabupaten Konawe. Dari koordinasi tersebut, tim mendapatkan data pustaka yang dapat dijadikan referensi untuk kelengkapan hasil wawancara.

Selama pengumpulan data ini, tim berusaha untuk menggali informasi secara mendalam dan mendetail. Tentunya, tim berharap pengumpulan data ini akan menjadi salah satu upaya dokumentasi yang baik bagi kosakata bidang seni dalam bahasa Tolaki.(Mifta/KBST)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa