Penobatan Riyan dan Annisa sebagai Duta Bahasa Sulawesi Tenggara 2021

Penobatan Riyan dan Annisa sebagai Duta Bahasa Sulawesi Tenggara 2021

Kamis, 1 April 2021, Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara menyelenggarakan acara Malam Penobatan Duta Bahasa Sulawesi Tenggara 2021 di Phinisi Ballroom, Hotel Claro Kendari. Malam penobatan ini merupakan puncak rangkaian kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Sulawesi Tenggara 2021 yang dimulai sejak 11 Februari 2021. Melalui rangkaian kegiatan penilaian dan penjurian ketat, Riyan Rahmat Jaya dan Annisa Dwiana Putri terpilih menjadi Terbaik I Putra dan Putri Duta Bahasa Sulawesi Tenggara 2021. Sepasang pemuda itu dinobatkan menjadi Duta Bahasa Sulawesi Tenggara setelah menyingkirkan lebih dari 80 peserta lain. Yang bertindak sebagai dewan juri pada malam itu adalah Drs. Asrun Lio, M.Hum, Ph.D., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara; Dr. Herawati, S.S., M.A., Kepala Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara; Hj. Sri Lestari, S.Pd., M.Si., Ketua TP PKK Kota Kendari; Dr. Asliah Zaenal, M.A., Ketua LPM IAIN Kendari; dan Ravianty Doni, S.Psi, M.Si. yang merupakan psikolog.

Acara dimulai dengan menampilkan video kegiatan Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara dan Duta Bahasa Sulawesi Tenggara dalam pengembangan dan pembinaan sastra di Sulawesi Tenggara. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia Pemilihan Duta Bahasa Sulawesi Tenggara, Nurmiyanti, S.Sos. Dalam kesempatan itu, ia mengucapkan terima kasih kepada Ikatan Alumni Duta Bahasa Sulawesi Tenggara dan semua pihak yang telah mendukung seluruh rangkaian acara Pemilihan Duta Bahasa Sulawesi Tenggara 2021. Selanjutnya, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, beliau berharap agar duta bahasa dapat terus eksis dan menjadi rekan kantor bahasa dalam pemasyarakatan bahasa dan sastra, khususnya di kalangan generasi muda. "Mari kita jaga budaya dan bahasa sebagai cerminan insan baik dan utuh," pesannya di akhir sambutan.

Acara ini menerapkan protokol kesehatan dan dihadiri oleh lebih dari 60 orang yang terdiri atas pendukung calon duta bahasa dan tamu undangan, seperti pejabat, rekanan, dan pemenang kontes sejenis. Dengan dipandu oleh Maria Christina Djo dan Hikmatul Izza serta dimeriahkan oleh para penampil yang silih berganti mengisi sela-sela acara, acara berlangsung semakin semarak dan menarik.

Adapun daftar Duta Bahasa Sulawesi Tenggara 2021 sebagai berikut.

  1. Terbaik I  : Riyan Rahmat Jaya dan Annisa Dwiana Putri;
  2. Terbaik II : Wawan Saputra dan Atirah Surayya;
  3. Terbaik III : Andi Adil Pratama Nusantara dan Nabilah Reghina Adhani Adius;
  4. Terbaik IV : Yogi Witma Saritma dan Syafira Safitri;
  5. Terbaik V : Muhammad Aksen Sultra dan Safira Rezky Amalia Rasyid; dan
  6. Terbaik VI: Laode Muhammad Rahlil dan Adinda Febriana Putri Pangerang.

Selain duta bahasa terbaik, acara ini juga menobatkan Muhammad Fahmi Eryck dan Qotrunnada Supratikno sebagai Duta Bahasa Berintegritas, Risaldi dan Ayu Andhira sebagai Duta Bahasa Terfavorit, Hery Ariyanto dan Nur Afni Talo-Talo sebagai Duta Bahasa Berbakat, serta Laode Hasrudin dan Siti Fatimah Azzahra sebagai Duta Bahasa Persahabatan.

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa