Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara Menggelar Kegiatan Lokakarya Hasil Pemantauan Lembaga Pemerintah

Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara Menggelar Kegiatan Lokakarya Hasil Pemantauan Lembaga Pemerintah

Selasa, 22 September 2020, Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar kegiatan Lokakarya Hasil Pemantauan Lembaga Pemerintah secara daring. Kegiatan tersebut diikuti oleh tiga puluh guru yang berasal dari sekolah-sekolah di Sulawesi Tenggara.

Dalam sambutannya, Dr. Herawati, M.A. selaku Kepala Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara mengatakan bahwa kegiatan Lokakarya Hasil Pemantauan Lembaga Pemerintah ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut hasil penilaian Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2020. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai wujud kepedulian terhadap pengutamaan pengunaan bahasa Indonesia. Herawati juga berharap agar peserta lokakarya menjadi pengguna bahasa yang cerdas yang mampu menggunakan bahasa dengan baik dan benar dan dapat mewujudkan trigatra bahasa, yaitu utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing.

Dalam lokakarya ini perwakilan dari setiap sekolah yang menjadi pemenang Wajah Bahasa Sekolah Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2020 turut menyampaikan pesan dan kesan serta pengalaman mereka dalam mengikuti kegiatan tersebut. Adapun sekolah yang menjadi pemenang, yaitu SMPN 5 Kendari, SMPN 2 Kendari, MTsN 2 Kendari, SMPN 15 Kendari, dan SMPN 1 Molawe.

Pada kegiatan ini juga disampaikan tiga materi, yaitu Kebijakan Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara terkait penggunaan bahasa di Sulawesi Tenggara yang disampaikan oleh Dr. Herawati, M.A.,  Kebijakan Penggunaan Bahasa Negara di SMPN 13 Kendari yang disampaikan oleh Hj. Ummi Salmah, S.Pd., M.M., dan Teknis Pelaksanaan Penghargaan Wajah Bahasa di Lembaga Pemerintah yang disampaikan oleh Jamaluddin, S.S., M.Hum..

Antusiasme peserta lokakarya yang dimoderatori oleh Abdul Razak, S.E., M.M. tersebut dapat telihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta pada sesi diskusi. Dalam kesempatan tersebut panitia juga memberikan hadiah lawang bagi lima peserta terbaik.

Di akhir kegiatan, Herawati mengucapkan terima kasih kepada para peserta atas partisipasi mereka. Herawati juga berharap agar kegiatan lokakarya ini memberikan manfaat bagi seluruh peserta sehingga semakin giat berupaya untuk memartabatkan bahasa Indonesia. 

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa