- zoonosis = zoonosis
work from office = kerja dari kantor (KDK)
work from home = kerja dari rumah (KDR)
ventilator = ventilator
tracing = penelusuran; pelacakan
throat swab test = tes usap tenggorokan
thermo gun = pistol termometer
swab test = uji usap
survivor = penyintas
specimen = spesimen; contoh
social restriction = pembatasan sosial
social media distancing = penjarakan media sosial
social distancing = penjarakan sosial; jarak sosial
self-quarantine = swakarantina; karantina mandiri
self isolation = isolasi mandiri
screening = penyaringan
respirator = respirator
rapid test = uji cepat
rapid strep tes =t uji strep cepat
protocol = protokol
physical distancing = penjarakan fisik
pandemic = pandemi
new normal = kenormalan baru
massive test = tes serentak
mask = masker
lockdown = karantina wilayah
local transmission = penularan lokal
isolation = isolasi
incubation = inkubasi
imported case = kasus impor
Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Lakukan Uji Publik Sebelum Pengesahan Standar Pelayanan
![Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Lakukan Uji Publik Sebelum Pengesahan Standar Pelayanan](https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/resource/doc/images/g2012.jpg)
Uji Publik Standar Pelayanan diselenggarakan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah pada Sabtu, 17 April 2021 di Swiss-belhotel Danum, Kota Palangka Raya. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta dari berbagai lembaga/instansi pengguna layanan. Lembaga/instansi tersebut terdiri atas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tingkat provinsi dan kota, kepolisian, kejaksaan, media massa, perguruan tinggi (dosen), sekolah (guru), komunitas literasi, serta lembaga pendidikan dan pelatihan. Para peserta mewakili bidang-bidang yang nantinya akan menjadi penerima layanan dari Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah.
Standar pelayanan yang dibahas terdiri aatas layanan dalam bidang Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), fasilitasi bantuan teknis kebahasaan dan kesastraan, pendampingan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), perkamusan dan peristilahan, dan perpustakaan. Seluruh peserta diberikan kesempatan untuk memberikan masukan dan saran demi perbaikan draf standar pelayanan sebelum ditetapkan.
Uji publik ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah untuk menjamin terpenuhinya hak-hak masyarakat dalam memperoleh layanan dari Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah. Selain itu, kegiatan yang melibatkan pemangku kepentingan dari berbagai kalangan ini diharapkan dapat mewujudkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Dengan demikian, pelayanan publik yang diberikan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah menjadi lebih terstandar dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Dalam kegiatan uji publik ini, peserta yang berasal dari lembaga kejaksaan menyampaikan bahwa layanan yang diberikan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah ini akan lebih memudahkan penerima layanan apabila setiap proses pemberian layanan dapat dipantau secara daring. Oleh karena itu, pemanfaatan laman Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah perlu dioptimalkan sehingga pengguna layanan mendapatkan kemudahan yang diharapkan. Dengan berbagai kemudahan yang diberikan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah dalam memberikan layanan, diharapkan lebih memuaskan pengguna layanan.
Pelayanan yang dilakukan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah kepada masyarakat merupakan upaya dan komitmen Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah dalam melaksanakan tugas dan fungsi balai. Oleh karena itu, kepuasan pengguna layanan menjadi hal yang sangat penting. Standar pelayanan ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana mewujudkan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah yang bermartabat, bermanfaat, akuntabilitas, dan profesional.