Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Lakukan Uji Publik Sebelum Pengesahan Standar Pelayanan

Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Lakukan Uji Publik Sebelum Pengesahan Standar Pelayanan

Uji Publik Standar Pelayanan diselenggarakan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah pada Sabtu, 17 April 2021 di Swiss-belhotel Danum, Kota Palangka Raya. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta dari berbagai lembaga/instansi pengguna layanan. Lembaga/instansi tersebut terdiri atas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tingkat provinsi dan kota, kepolisian, kejaksaan, media massa, perguruan tinggi (dosen), sekolah (guru), komunitas literasi, serta lembaga pendidikan dan pelatihan. Para peserta mewakili bidang-bidang yang nantinya akan menjadi penerima layanan dari Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah.

Standar pelayanan yang dibahas terdiri aatas layanan dalam bidang Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), fasilitasi bantuan teknis kebahasaan dan kesastraan, pendampingan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), perkamusan dan peristilahan, dan perpustakaan. Seluruh peserta diberikan kesempatan untuk memberikan masukan dan saran demi perbaikan draf standar pelayanan sebelum ditetapkan.

Uji publik ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah untuk menjamin terpenuhinya hak-hak masyarakat dalam memperoleh layanan dari Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah. Selain itu, kegiatan yang melibatkan pemangku kepentingan dari berbagai kalangan ini diharapkan dapat mewujudkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Dengan demikian, pelayanan publik yang diberikan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah menjadi lebih terstandar dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Dalam kegiatan uji publik ini, peserta yang berasal dari lembaga kejaksaan menyampaikan bahwa layanan yang diberikan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah ini akan lebih memudahkan penerima layanan apabila setiap proses pemberian layanan dapat dipantau secara daring. Oleh karena itu, pemanfaatan laman Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah perlu dioptimalkan sehingga pengguna layanan mendapatkan kemudahan yang diharapkan. Dengan berbagai kemudahan yang diberikan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah dalam memberikan layanan, diharapkan lebih memuaskan pengguna layanan.

Pelayanan yang dilakukan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah kepada masyarakat merupakan upaya dan komitmen Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah dalam melaksanakan tugas dan fungsi balai. Oleh karena itu, kepuasan pengguna layanan menjadi hal yang sangat penting. Standar pelayanan ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana mewujudkan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah yang bermartabat, bermanfaat, akuntabilitas, dan profesional.

SELINGAN

Daftar Selingan

  • zoonosis = zoonosis
  • work from office = kerja dari kantor (KDK)

  • work from home = kerja dari rumah (KDR)

  • ventilator = ventilator

  • tracing = penelusuran; pelacakan

  • throat swab test = tes usap tenggorokan

  • thermo gun = pistol termometer

  • swab test = uji usap

  • survivor = penyintas

  • specimen = spesimen; contoh

  • social restriction = pembatasan sosial

  • social media distancing = penjarakan media sosial

  • social distancing = penjarakan sosial; jarak sosial

  • self-quarantine = swakarantina; karantina mandiri

  • self isolation = isolasi mandiri

  • screening = penyaringan

  • respirator = respirator

  • rapid test = uji cepat

  • rapid strep tes =t uji strep cepat

  • protocol = protokol

  • physical distancing = penjarakan fisik

  • pandemic = pandemi

  • new normal = kenormalan baru

  • massive test = tes serentak

  • mask = masker

  • lockdown = karantina wilayah

  • local transmission = penularan lokal

  • isolation = isolasi

  • incubation = inkubasi

  • imported case = kasus impor


Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa