Pengumpulan Data Penelitian Konservasi Bahasa Tolaki Mekongga

Pengumpulan Data Penelitian Konservasi Bahasa Tolaki Mekongga

Kolaka—Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara menyelenggarakan Pengumpulan Data Penelitian Konservasi Bahasa Tolaki Mekongga di Kabupaten Kolaka pada Senin, 13 Januari 2020. Kegiatan ini merupakan salah satu program penelitian Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara pada tahun 2020 yang bertujuan untuk mengetahui tingkat vitalitas (daya hidup) bahasa Tolaki dialek Mekongga di Kabupaten Kolaka.

Pengumpulan data penelitian konservasi bahasa daerah ini terbagi atas dua tahap, yaitu wawancara terhadap informan penelitian dan pengisian kuesioner penelitian oleh seratus orang responden.

Kegiatan itu dilaksanakan dengan melakukan wawancara terhadap Wakil Raja Mekongga yang sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Dewan Adat Mekongga, Drs. Munaser Arifin, M.Hum., lalu meminta seratus responden mengisi kuesioner penelitian pada hari berikutnya di Aula Kecamatan Wundulako, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Seratus responden yang dipilih terdiri atas tokoh adat Mekongga, tokoh budaya Mekongga, dan generasi muda Mekongga. Semua responden merupakan penutur asli bahasa Mekongga. (SG/Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa