Peningkatan Kapasitas Duta Bahasa Sulawesi Tenggara

Peningkatan Kapasitas Duta Bahasa Sulawesi Tenggara

Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra) berupaya membangun kapasitas alumni Duta Bahasa Sultra melalui kegiatan penyuluhan. Kegiatan Penyuluhan Penggunaan Bahasa bagi Tenaga Profesional dan Calon Tenaga Profesional dibuka pada Senin, 20 Januari 2020 oleh Kepala Kantor Bahasa Sultra kemudian dilanjutkan dengan penyajian beragam materi.

Kegiatan yang diselenggarakan selama empat hari tersebut menghadirkan empat orang pemateri yang berbagi pengetahuan kepada empat puluh peserta.

Para hari pertama, materi Kebijakan Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara terkait Penyuluhan Bahasa bagi Tenaga Profesional dan Calon Tenaga Profesional disampaikan langsung oleh Sandra Safitri Hanan selaku Kepala Kantor Bahasa Sultra. Selain itu, materi Ejaan dan Pilihan Kata disampaikan oleh Jamaluddin . Materi tersebut dipandang perlu karena menjadi materi dasar dalam aktivitas yang terkait dengan bahasa, yakni membaca, menulis, dan beragam kegiatan literasi lainnya.

Pada hari kedua, materi Kalimat dalam Tata Naskah Dinas disampaikan oleh Sukmawati.  Selanjutnya, materi Apresiasi Sastra disampaikan oleh Zakiyah M. Husba.

Pada hari ketiga, seluruh peserta mengikuti ujian tertulis dan praktik menyuluh yang didampingi langsung oleh dua narasumber,  yakni Jamaluddin M. dan Sukmawati. Kedua bentuk ujian tersebut dilakukan untuk menguji kemampuan para peserta. Melalui kegiatan ini para alumni Duta Bahasa Sultra diharapkan memiliki bekal yang cukup untuk ikut berkontribusi dalam kegiatan literasi di masyarakat.

Penyuluhan ini ditutup pada Kamis, 23 Januari 2020. (SG/Kantor Bahasa Sultra)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa