Pembinaan Literasi bagi Tenaga Pendidik Se-Kabupaten Bombana Tahun 2020

Pembinaan Literasi bagi Tenaga Pendidik Se-Kabupaten Bombana Tahun 2020

Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara mengadakan kegiatan Pembinaan Literasi bagi Tenaga Pendidik Se-Kabupaten Bombana pada tanggal 26--28 November 2020 di Aula Hotel Rahmat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada tenaga pendidik di Kabupaten Bombana tentang Gerakan Literasi Sekolah, terutama tentang cara menumbuhkan budi pekerti siswa melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah dengan harapan siswa menjadi pemelajar sepanjang hayat.

Kegiatan ini diawali dengan laporan dari ketua pelaksana, yaitu Asri, S.S., M.Hum. Ia menjelaskan bahwa kegiatan Pembinaan Literasi bagi Tenaga Pendidik Se-Kabupaten Bombana dihadiri oleh 35 guru sekolah dasar yang ada di Kabupaten Bombana.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara, Dr. Herawati, S.S., M.A., dalam sambutannya mengatakan bahwa guru dan lembaga pendidikan dasar harus memperkuat hal-hal yang terkait dengan literasi, baik dari aspek kurikulum, manajemen, model, strategi, maupun pendekatan pembelajaran tentunya dengan penguatan keterampilan literasi abad ke-21. Selain itu, ia menyampaikan harapan agar tenaga pendidik di Kabupaten Bombana dapat melakukan pengembangan sebagai kunci dari keberhasilan literasi sehingga dapat mewujudkan generasi emas berkualitas. 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana, yaitu Andi Muh. Arsyad, S.Sos., M.Si. Ia menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah memberikan perhatian kepada guru-guru dalam pembinaan literasi. Ia juga berharap agar budaya literasi tidak hanya diterapkan terhadap guru, tetapi juga terhadap orang tua yang juga berperan dalam membangun literasi. Selain itu, ia berharap agar kegiatan ini dapat menambah wawasan peserta yang terdiri atas guru sekolah dasar dalam bidang pembinaan literasi.

Materi yang diberikan selama 3 hari meliputi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah di Kabupaten Bombana, Kebijakan Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara, Gerakan Literasi Nasional, Gerakan Literasi Sekolah, dan Konversi Teks. Materi kegiatan diakhiri dengan Evaluasi Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah.

Narasumber kegiatan ini terdiri atas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana  (Andi Muh. Arsyad, S.Sos., M.Si.), Kepala Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (Dr. Herawati, S.S., M.A.), dan staf dari Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (Rahmawati, S.S., M.Hum. dan Heksa Biopsi Puji Hastuti, S.S., M.Hum.).

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa