Lokakarya Penulisan Cerita Anak

Lokakarya Penulisan Cerita Anak

Pada 28 Oktober 2020 Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara mengadakan kegiatan Lokakarya Penulisan Cerita Anak secara virtual. Menurut Ketua Panitia Zakiyah Mustafa Husba, S.S.,  lokakarya yang diikuti 63 peserta ini merupakan rangkaian kegiatan Lomba Menulis Cerita Anak Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2020 dengan tema Literasi untuk Meningkatkan Kreativitas dan Minat Baca Anak. Lomba Menulis Cerita Anak ini bertujuan agar peserta dapat mengembangkan minat dan bakat menulis serta meningkatkan  pemahaman dan kemahiran penggunaan bahasa Indonesia dalam menghasilkan bacaan anak yang berkualitas.

Dalam acara pembukaan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara, Dr. Herawati, S.S., M.A. mengatakan bahwa kegiatan Lokakarya Penulisan Cerita Anak ini terbuka untuk umum dan merupakan bagian dari implementasi Gerakan Literasi Nasional yang telah dicanangkan oleh Pemerintah pada 2016.

Ada tiga narasumber dalam pelaksanaan ini, yaitu (1) Dr. Herawati, S.S., M.A., degan materi Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar dalam Ragam Tulis; (2) Dr. Ros Mayasari, M.Si. menyampaikan Media Sosial dan Tantangan Menulis Buku Cerita Anak dalam Pandangan Psikologi; dan (3)  Deasy Tirayoh menyajikan pokok bahasan Teknik Mengembangkan Ide dan Imajinasi dalam Cerita Anak. Cahyo Waskito Pur Antomo, S.S. bertindak sebagai moderator.  Pada sesi diskusi, antusiasme peserta terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan  kepada narasumber.

Setelah sesi diskusi, Panitia mengumumkan sepuluh besar peserta terbaik Lomba Menulis Cerita Anak Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2020.  Pemenang I--III akan diumumkan di media sosial Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dalam acara penutupan Herawati menyampaikan ucapan selamat kepada sepuluh  peserta terbaik.  Beliau juga berharap lokakarya ini dapat memberikan manfaat dalam upaya pembinaan kemampuan literasi para peserta di Sulawesi Tenggara. (Eby)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa