Mendikbud Mengajak Masyarakat untuk Meningkatkan Literasi Berbahasa

Mendikbud Mengajak Masyarakat untuk Meningkatkan Literasi Berbahasa

Jakarta—Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus meningkatkan literasi berbahasa, baik itu bahasa daerahnya maupun bahasa Indonesia. Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutan dalam acara Puncak Bahasa dan Sastra 2020 secara daring pada Rabu, 28 Oktober 2020.

“Kepada para guru dan siswa tanamlah kecintaan terhadap bahasa karena tanpa kecintaan itu akan sulit meningkatkan kemampuan literasi. Kemampuan itulah yang menjadi salah satu kunci menciptakan SDM unggul dan pembelajar sepanjang hayat, berkompetensi global, dan berperilaku sesuai dengan norma-norma Pancasila,”ungkap Nadiem.

Ia menambahkan bahwa keberadaan bahasa Indonesia telah menjadi anugerah bagi bangsa kita. Sebab, persatuan dan kesatuan kita salah satunya dirajut oleh bahasa Indonesia. Tidak hanya bahasa Indonesia yang mengukuhkan bangsa, tetapi juga berbagai bahasa daerah. Kebijakan pengembangan bahasa dan sastra di Indonesia diarahkan untuk tetap merawat kebinekaan masyarakat kita. Saat ini, Kemendikbud melalui Badan Bahasa telah berhasil memetakan 718 bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat Indonesia.

“Semoga pendokumentasian bahasa dan sastra daerah yang menjadikan kita bangsa yang bineka menjadi semakin sempurna,”tuturnya. (an)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa