Praktik Baik Literasi Penulisan Cerita Pendek di Kota Kendari

Praktik Baik Literasi Penulisan Cerita Pendek di Kota Kendari

Setelah kegiatan Praktik Baik Literasi Penulisan Cerita Pendek bagi Guru Sekolah Dasar sukses diselenggarakan, Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara kembali mengadakan Praktik Baik Literasi Penulisan Cerita Pendek bagi Guru Sekolah Menengah Pertama pada tanggal 7—8 Oktober 2020, pukul 09.00—12.00 WITA.

Dalam laporannya, ketua panitia kegiatan, Riskawaty, A.Md. menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini diikuti oleh 40 guru sekolah menengah pertama di Kota Kendari. Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara, Dr. Herawati, S.S., M.A. yang membuka kegiatan ini secara resmi berharap agar kegiatan Praktik Baik Literasi Penulisan Cerita Pendek bagi Guru Sekolah Menengah Pertama dapat bermanfaat bagi peserta dalam hal pembiasaan literasi baca-tulis yang baik yang kemudian dapat dibagikan kepada anak didiknya.

Adapun narasumber pada kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini adalah Junaiddin Pagala, S.T., M.T. dan Dr. Helvi Tiana Rosa, S.S., M.Hum.

Pada hari pertama, peserta menerima materi Kebijakan Literasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Gerakan Literasi Sekolah dari Junaiddin Pagala, S.T., M.T. dan materi Pengantar Cerita Pendek dari Dr. Helvi Tiana Rosa, S.S., M.Hum.

Pada hari kedua, peserta kembali menerima materi yang diberikan oleh narasumber Dr. Helvi Tiana Rosa dengan membahas cerpen-cerpen yang telah dibuat oleh para peserta. Peserta juga diajak untuk berdiskusi bersama agar cerpen yang telah dibuat dapat menjadi cerpen yang menarik.

Kegiatan Praktik Baik Literasi Penulisan Cerita Pendek bagi Guru Sekolah Menengah Pertama ini ditutup oleh ketua panitia, Riskawaty, A.Md. Pada kesempatan itu, ketua panitia menyampaikan harapan agar peserta dapat memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk menggiatkan literasi yang ada di sekolah. (Eby/Kantor Bahasa sultra)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa