Pentingnya Peran Generasi Muda dalam Menjaga Bahasa Daerah

Pentingnya Peran Generasi Muda dalam Menjaga Bahasa Daerah

Minggu, 27 Februari 2022, Ikatan Duta Bahasa (Ikadubas) DKI Jakarta melaksanakan Gelar Wicara yang bertajuk "Bincang Bahasa: Teknologi dan Perannya dalam Merawat Indonesia melalui Bahasa dan Sastra Daerah". Gelar wicara tersebut menjadi agenda puncak peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional yang dilaksanakan oleh Ikadubas DKI Jakarta selama bulan Februari tahun ini. Sejumlah agenda, yaitu kampanye "Pakai Bahasa Daerah #KenapaHarusMalu?", pembuatan konten Penampilan Budaya Duta Bahasa dari 11 Provinsi di Indonesia, dan gelar wicara, dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian para Duta Bahasa DKI Jakarta terhadap pentingnya pelestarian dan pelindungan bahasa dan sastra daerah di Indonesia.

Gelar wicara ini diikuti oleh 300 peserta daring dan dibuka oleh Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Hafidz Muksin. Dalam sambutannya, Hafidz Muksin menyampaikan tiga hal pokok, yakni apresiasi terhadap Duta Bahasa sebagai teladan pemuda Indonesia dalam menjaga tegaknya tonggak kebangsaan, pentingnya revitalisasi bahasa dan sastra daerah, serta perlunya peran strategis seluruh pemerintah daerah di Indonesia dalam proses revitalisasi bahasa daerah di wilayahnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dan bincang santai bersama tiga narasumber, yaitu Anita Astriawati (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa), Ivan Lanin (Narabahasa), dan Stevani Augusta (Kreator Konten Bahasa Daerah). Pemaparan materi dan diskusi tentang kaitan teknologi dengan revitalisasi dan pelestarian bahasa dan sastra daerah berlangsung secara interaktif. Tayangan gelar wicara dapat ditonton kembali melalui kanal YouTube Duta Bahasa DKI Jakarta melalui tautan bit.ly/BincangBahasa2022. (Dv)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa