Peningkatan Kompetensi Pegawai Sekretariat Badan melalui Mancakrida

Peningkatan Kompetensi Pegawai Sekretariat Badan melalui Mancakrida

Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melaksanakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Pegawai melalui Mancakrida di Hotel Grand Mulya, Bogor, Jawa Barat pada tanggal 29 Maret—1 April 2022.  Kegiatan ini  bertujuan untuk mengurangi gap kompetensi manajerial dan sosial kultural pegawai berdasarkan hasil penilaian kinerja dan penilaian kompetensi PNS di lingkungan Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Saat memberikan arahan, Aminudin Aziz,  Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, berharap agar kegiatan ini dapat memberikan hasil maksimal dan perubahan yang signifikan untuk kemajuan Badan Bahasa. Selain itu, ia juga berpesan kepada seluruh pegawai untuk dapat memperhatikan isu-isu kebahasaan dan kesastraan yang sedang hangat diperbincangkan. 

"Para pegawai di Badan Bahasa harus tahu dan peka terhadap isu-isu kebahasaan yang sedang hangat. Jangan sampai tidak tahu apalagi tidak peduli dengan permasalahan yang menjadi tanggung jawab lembaga," tegasnya.

Lebih lanjut, Amin mengajak seluruh pegawai untuk cepat tanggap dengan perubahan serta  membantu program prioritas Badan Bahasa tentang peningkatan literasi bangsa, pelindungan bahasa daerah, dan internasionalisasi bahasa Indonesia.

Pada kegiatan ini, sebanyak 156 pegawai disuguhi materi tentang Kebijakan Pengembangan dan Peningkatan Kompetensi ASN Badan Bahasa oleh Aminudin Aziz serta materi tentang Strategi dan Upaya Mewujudkan Sekretariat HEBAT (Harmonis, Energik, Bermutu, Akuntabel, Transparan) oleh Sekretaris Badan Bahasa, Hafidz Muksin. Selanjutnya, para pegawai diberikan materi seputar Peningkatan Disiplin Pegawai dalam rangka Penguatan Integritas. Kegiatan ini juga membahas Program dan Strategi Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan bagi Pegawai Kemendikbudristek. Selain diskusi tersebut, para pegawai dari setiap kelompok layanan di Sekretariat juga menampilkan berbagai kreasi seni pada malam apresiasi, seperti penampilan drama musikal, tari kreasi atau daerah, vokal grup, lenong, dan lain sebagainya. Pertunjukkan ini memperlihatkan kreativitas dan kekompakan setiap kelompok layanan.

Selain di dalam ruangan, aktivitas pada rangkaian acara mancakrida ini juga dilakukan di luar ruangan dengan berbagai permainan alam yang bertujuan untuk meningkatkan integritas, solidaritas, serta keharmonisan antarpegawai. Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah (1) meningkatnya pemahaman, pengetahuan, dan kompetensi pegawai untuk mengurangi gap kompetensi manajerial, teknis, dan sosial kultural yang ada sehingga para pegawai berkinerja dengan lebih baik; (2) meningkatnya integritas dan kualitas layanan profesional guna mewujudkan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi; dan (3) terwujudnya Sekretariat Badan yang HEBAT (Harmonis, Energik, Bermutu, Akuntabel, Transparan. (Dv)


Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa