Penghimpunan Bahan Jurnal Ranah dan Jentera

Penghimpunan Bahan Jurnal Ranah dan Jentera

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menggelar Kegiatan Penghimpunan Bahan Jurnal Ranah dan Jentera pada tanggal 11—13 April 2022 di Hotel Aston Bekasi, Jawa Barat.  Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang yang terdiri atas para editor jurnal dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta pegawai Pusat dan Sekretariat di lingkungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Hafidz Muksin mengungkapkan bahwa jurnal yang dikelola Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa ini telah menjadi model dan kiblat bagi pengelola jurnal di Indonesia yang konsistensi penerbitannya harus selalu dijaga. Hafidz yang membuka acara secara daring kala itu sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap para peserta dapat menjalankan tugas dengan semangat dan sehat sehingga tercipta kualitas kinerja yang baik.

Lebih lanjut, Hafidz mengutarakan bahwa selama ini jurnal Ranah dan Jentera memang sudah menjadi acuan pengelola jurnal di Indonesia. Namun, pihaknya tidak ingin bertahan dalam kepuasan itu saja dan harus naik kelas sehingga jurnal tersebut tidak hanya dimanfaatkan secara nasional, tetapi juga dapat dijamah di kancah  internasional.

Diakhir sambutannya, Hafidz berharap para editor jurnal perlu dipersenjatai berbagai aplikasi yang mutakhir dengan memanfaatkan fitur-fitur yang dapat mendukung pengembangan dan bisnis proses jurnal, seperti Turnitin, Crosreff, dan aplikasi lain yang dapat menjadi pegangan editor jurnal. 

Dalam kesempatan yang sama, Meryna Afrila selaku penanggung jawab kegiatan ini mengungkapkan bahwa teknis pelaksanaan kegiatan tersebut adalah setiap peserta mendapatkan 1—3 naskah untuk disunting dengan menggunakan aplikasi Sipebi. Selanjutnya, para peserta akan menuliskan kesalahan-kesalahan yang ada di dalam naskah dan naskah yang sudah disunting akan direviu kembali untuk mencapai kesempurnaan.

Lebih lanjut, Mery sangat berterima kasih kepada para peserta yang sudah hadir dalam kesempatan tersebut dan berharap naskah-naskah yang sudah disunting dapat diterbitkan pada bulan Juni mendatang. Kegiatan penghimpunan seperti ini pun akan menjadi rutinitas untuk menjaga kualitas luaran publikasi jurnal.

Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut adalah materi mengenai tahapan-tahapan dalam penyuntingan jurnal, pemanfaatan Turnitin dan aplikasi Sipebi dalam penyuntingan, serta materi tentang seleksi naskah jurnal ranah yang disampaikan oleh Winci Firdaus selaku narasumber.  Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan Itsar Bolo yang memberikan materi tentang akreditasi nasional di Arjuna. (Dv)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa