Taufiq Ismail dan Peringatan Hari Sastra Nasional ke-9 di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Taufiq Ismail dan Peringatan Hari Sastra Nasional ke-9 di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), E. Aminudin Aziz, didampingi oleh Sekretaris Badan,  Hafidz Muksin, menerima kunjungan sastrawan sekaligus penyair ternama, Taufiq Ismail, pada Senin, 18 April 2022 di kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta. Pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Sastra Nasional ke-9 yang jatuh pada bulan Juli mendatang, tepatnya pada tanggal 3 Juli. Pendiri majalah Horison itu berencana merancang kegiatan untuk memperingati hari lahir sastrawan kebanggaan Indonesia, yakni Chairil Anwar dan Mochtar Lubis yang pada bulan Juli tahun ini berusia 100 tahun sekaligus menerbitkan majalah Horison edisi khusus yang akan memasuki usia ke-56 tahun. Kegiatan tersebut menargetkan 300—500 peserta dan akan dilaksanakan secara hibrida.

Taufiq yang saat itu didampingi tim dari majalah Horison, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut akan melibatkan berbagai elemen masyarakat, mulai dari guru, pelajar, dosen, mahasiswa, para jurnalis, sastrawan, dan juga budayawan. Pria berdarah Minang tersebut berharap Badan Bahasa dapat mendukung rencana tersebut.

Dilihat dari sejarahnya, perkembangan majalah Horison tidak terlepas dari peran Badan Bahasa yang telah menjadi saksi bisu kemajuan majalah yang sudah berdiri sejak tahun 1966 itu. Oleh karena itu, Taufiq memilih kantor Badan Bahasa di Rawamangun sebagai tempat untuk menyelenggarakan perhelatan istimewa tersebut. Adapun acara yang akan disuguhkan di Hari Sastra Indonesia ke-9 adalah penampilan pembacaan puisi, musikalisasi puisi, orasi budaya, dan hiburan lainnya yang akan diisi oleh para sastrawan ternama Indonesia.

Untuk menanggapi hal tersebut, Amin mengaku senang dikunjungi dan menyambut baik rencana kegiatan tersebut. Pihaknya siap mendukung dan berkolaborasi untuk menyukseskan perhelatan istimewa tersebut. “Ini sebuah inisiatif yang bagus dan tentunya akan kami bicarakan lebih lanjut secara internal,” jelas Amin. Kepala Badan Bahasa juga menginformasikan bahwa kantor Badan Bahasa kini memiliki wajah baru dengan sarana dan prasarana yang lebih baik untuk melayani masyarakat. Panggung terbuka dibuat di halaman kantor Badan Bahasa untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum dalam menyalurkan bakat, karya, dan hobi. Oleh karenanya, Amin sangat terbuka jika panggung yang baru diresmikan pada tanggal 22 Februari 2022 itu dapat menjadi tempat perhelatan Hari Sastra Indonesia ke-9. (ZA)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa