Upaya Patok Banding Pelayanan Publik Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Upaya Patok Banding Pelayanan Publik Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Cianjur—Dalam rangka pelaksanaan penilaian evaluasi kinerja pelayanan publik tahun 2022, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) melakukan kunjungan patok banding pelayanan publik ke Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian di Cianjur, Jawa Barat pada Jumat, 24 Juni 2022. Saat menerima kunjungan dari Badan Bahasa, Nining Yuda Ningsih selaku Pengembang Teknologi Pembelajaran menyambut baik kedatangan rombongan tersebut. Dari pertemuan ini diharapkan kedua lembaga dapat berbagi ilmu, bertukar informasi,  serta meninjau fasilitas-fasilitas pendukung dalam hal pelayanan publik yang terdapat di BBPPMPV. Tidak hanya itu, Nining juga berharap pertemuan tersebut terus berlanjut.

Di akhir sambutannya, Nining Yuda Ningsih mengungkapkan ada beberapa siklus penyusunan standar pelayanan publik, di antaranya adalah penyusunan rancangan standar pelayanan, pembahasan rancangan standar pelayanan dengan masyarakat, penetapan dan penerapan standar pelayanan, maklumat pelayanan, serta monitoring dan evaluasi.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menyampaikan materi patok banding pelayanan prima dalam rangka persiapan penilaian indeks pelayanan publik. Dalam paparannya Hafidz Muksin mengungkapkan bahwa Badan Bahasa mempunyai tugas melaksanakan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan di bidang bahasa dan sastra. Dalam hal ini Badan Bahasa mempunyai tiga fokus kebijakan, yaitu literasi kebahasaan dan kesastraan, pelindungan bahasa dan sastra, serta internasionalisasi bahasa Indonesia.

Selain memaparkan profil Badan Bahasa, Hafidz Muksin turut mengungkapkan bahwa tujuan dan hasil patok banding yang akan dicapai adalah mereplikasi praktik pelayanan prima yang ada pada BBPPMPV Pertanian Cianjur, menggali informasi terkait dengan pelaksanaan indeks pelayanan publik yang dilaksanakan oleh KemenpanRB, berkolaborasi terkait dengan inovasi peningkatan pelayanan terhadap pengguna layanan, serta mendapatkan wawasan, pengetahuan, dan pengalaman untuk peningkatan layanan prima di Badan Bahasa.

Kunjungan tersebut diikuti oleh perwakilan pegawai dari Pusat Pembinaan Bahasa dan sastra, Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, serta Sekretariat Badan Bahasa. Adapun unit kerja yang diusulkan sebagai lokus evaluasi pelayanan publik pada tahun 2022 ini di Badan Bahasa adalah Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra. Rombongan dibagi menjadi beberapa tim yang akan mengamati hal-hal penting dalam penilaian pelayanan publik yang terkait dengan kebijakan, agen perubahan, sarana dan prasarana, sistem informasi, inovasi, dan mekanisme pengaduan. Dari kunjungan patok banding tersebut, Badan Bahasa diharapkan  dapat menjadi lembaga yang lebih baik dalam pelayanan publik. (IM/DV)

Admin Badan Bahasa

-

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa