Kerja Sama Badan Bahasa dengan Unpam dan UMT

Kerja Sama Badan Bahasa dengan Unpam dan UMT

Serpong, 14 Juli 2022—Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) menjalin kerja sama dengan Universitas Pamulang (Unpam) dan Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT). Penandatanganan perjanjian kerja sama dilaksanakan bersamaan dengan acara Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten Tahun 2022 oleh Kantor Bahasa Provinsi Banten di Auditorium Universitas Pamulang Kampus II Viktor, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Hafidz Muksin, menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Selain itu, ada 3 program prioritas yang akan dilaksanakan, yaitu Literasi Bahasa dan Sastra, Pelindungan Bahasa Daerah, dan Penginternasionalan Bahasa Indonesia. Hafidz juga mendorong Unpam dan UMT agar menjadikan UKBI sebagai salah satu syarat dalam penerimaan mahasiswa baru atau syarat kelulusan mahasiswa.

E. Nurzaman selaku Rektor Universitas Pamulang juga menegaskan bahwa dari tahun 2021 kampusnya telah bekerja sama dengan Kantor Bahasa Provinsi Banten dalam Pembinaan Bahasa dan Sastra serta pelaksanaan UKBI. Beberapa program yang telah berjalan di antaranya adalah edukasi bahasa hukum bagi tenaga dan calon tenaga profesional dan kegiatan sosialisasi UKBI. Sementara itu, pelaksanaan Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten 2022 merupakan salah satu bentuk dukungan universitas terhadap program Kantor Bahasa Banten dalam memilih generasi muda yang akan menjadi contoh dalam mengampanyekan Trigatra Bangun Bahasa.

Kerja sama antara Badan Bahasa dan UMT ini telah terjalin sejak tahun 2018 dan masa berlaku naskah perjanjian tersebut telah habis di tahun 2021. Jika pada tahun sebelumnya kerja sama hanya program UKBI, pada tahun ini UMT dan Kantor Bahasa Provinsi Banten memperluas ruang lingkup kerja sama, yaitu penyelenggaraan program BIPA; penerjemahan; peningkatan kompetensi dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswa; serta pengkajian kebahasaan dan kesastraan. Ahmad Amarullah, Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang, mengatakan bahwa pada bulan Agustus yang bertepatan dengan milad UMT yang ke-13, pihaknya akan menyelenggarakan kegiatan lomba baca puisi untuk mahasiswa asing dan berkolaborasi dengan Kantor Bahasa Provinsi Banten. (Stf)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa