Kenalkan Kemahiran Merujuk, Badan Bahasa Selenggarakan Kegiatan Kamus Masuk Sekolah

Kenalkan Kemahiran Merujuk, Badan Bahasa Selenggarakan Kegiatan Kamus Masuk Sekolah

Jakarta, 10 Agustus 2022—Dalam rangka mengenalkan kemahiran merujuk (reference skill) kepada siswa sekolah dasar dan menengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) melalui KKLP Perkamusan dan Peristilahan menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Pengembangan Kosakata: Kamus Masuk Sekolah. Kegiatan tersebut diselenggarakan di SD Negeri 01 Pejaten Timur.

Adi Budiwiyanto selaku Koordinator KKLP Perkamusan dan Peristilahan dalam arahannya pada pembukaan kegiatan menyampaikan bahwa inti kegiatan Kamus Masuk Sekolah adalah untuk mengajarkan keterampilan merujuk, yakni mengajarkan cara mencari informasi tertentu secara tepat di buku-buku, seperti kamus dan ensiklopedia. Kemampuan mencari informasi dalam buku-buku serta kamus juga erat kaitannya dengan literasi. Selain itu, para siswa diperkenalkan pada produk leksikografis Badan Bahasa.

Kegiatan yang berlangsung selama jam sekolah itu diikuti dengan antusias oleh para siswa karena metode yang digunakan sesuai dengan usia sekolah dasar. Para siswa diberi praujian untuk mengukur kemampuan dasar mereka. Setelah itu, mereka diberi sebuah bacaan, lalu setiap siswa diminta menemukan kata-kata sulit dan mencari definisinya di dalam kamus. Dengan terselenggaranya kegiatan itu, para siswa diharapakan mampu melakukan pencarian informasi di kamus, baik secara luring maupun daring. Para siswa juga diharapkan dapat mengetahui produk leksikografis Badan Bahasa.

Kegiatan Diseminasi Pengembangan Kosakata: Kamus Masuk Sekolah ini juga akan diselenggarakan secara bertahap pada bulan Agustus dan September di beberapa sekolah lainnya di DKI Jakarta dengan perincian, yakni 2 sekolah dasar, 2 sekolah menengah pertama, dan 2 sekolah menengah atas.   (EK/HS)



Ilham Sailar

jakarta

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa