Badan Bahasa Tetapkan Pemenang Pemilihan Duta Bahasa Tingkat DKI Jakarta Tahun 2022

Badan Bahasa Tetapkan Pemenang Pemilihan Duta Bahasa Tingkat DKI Jakarta Tahun 2022

Jakarta,27 Agustus 2022Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra telah usai melaksanakan Pemilihan Duta Bahasa Tingkat DKI Jakarta pada tanggal 25—27 Agustus 2022 di Auditorium Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Dalam sambutannya pada acara pengumuman pemenang yang digelar pada Sabtu, 27 Agustus 2022, Muh. Abdul Khak selaku Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia berharap bahwa para pemenang yang terpilih dapat mempersiapkan diri untuk bersaing di tingkat nasional. Selain itu, ia mengharapkan semua finalis dapat menjadi generasi muda yang berdedikasi tinggi demi kemajuan bahasa Indonesia melalui program-program yang telah dirancang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang bertugas dan juga kepada para peserta yang sudah berpartisipasi dalam pemilihan duta bahasa ini. Kepada para pemenang, persiapakan dirimu untuk melaju ke tingkat nasional dan jadilah generasi muda terdepan yang mampu menjaga dan memajukan bahasa Indonesia,ungkap Muh. Abdul Khak.

Frista Nanda Pratiwi selaku pananggung jawab kegiatan dalam laporannya menuturkan bahwa kegiatan yang rutin diselenggarakan itu diikuti oleh 115 pendaftar yang sudah mengikuti proses seleksi yang panjang dan ketat serta penilaian dari juri yang kompeten di bidangnya. Proses seleksi yang sudah dilalui para finalis hingga pada akhirnya bisa sampai pada titik ini meliputi seleksi berkas administrasi, seleksi kemampuan berbahasa melalui UKBI Adaptif, serta wawancara dengan Ikatan Duta Bahasa DKI Jakarta dan staf Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa). Rangkaian proses seleksi yang panjang tersebut berhasil menyaring 30 pemuda-pemudi terbaik yang bersaing pada tahap final.

Para finalis tersebut kemudian mengikuti tes TOEFL secara daring untuk menguji kemahiran berbahasa asing tulis mereka pada tanggal 20 Agustus di Lembaga Bahasa Internasional FIB, UI. Selanjutnya, mereka mengikuti rangkaian kegiatan penilaian pada tanggal 25—27 Agustus yang meliputi penilaian laporan krida kebahasaan dan kesastraan, teknik wicara publik, kemampuan bahasa asing lisan, penampilan bakat seni dan budaya, serta kepribadian/psikologi dari sikap dan penampilan. Selain itu, para finalis dibekali materi oleh ahli bahasa di Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra; akademisi dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, LBI FIB UI, dan Institut Kesenian Jakarta; instruktur dari Leader Lab Indonesia, MetroTV, Polyglot Indonesia, dan Sanggar Tari Sanggita Kencana Budaya; serta anggota Ikatan Duta Bahasa DKI Jakarta.

Para finalis merupakan duta bahasa yang nantinya akan aktif melaksanakan kampanye dan kegiatan yang berhubungan dengan kebahasaan dan kesastraan. Sementara itu, Terbaik I Putra dan Terbaik I Putri akan melanjutkan langkah untuk berkompetisi ke tingkat nasional.

Berikut adalah nama-nama pemenang dalam Pemilihan Duta Bahasa DKI Jakarta Tahun 2022.

  1. Terbaik I Putra: Daffa Aqilah Sofiyan
  2. Terbaik I Putri: Anzalna Nuraini Alifah Djalins
  3. Terbaik II Putra: Abdillah Dhiyaa Bramantyo
  4. Terbaik II Putri: Ayundya Putri Pujanti
  5. Terbaik III Putra: Mufid Muhammad Alfayid
  6. Terbaik III Putri: Noor Sekar Mentari
  7. Favorit Putra: Kemal Billal Hakim
  8. Favorit Putri: Enjelita Ayu Diana Puspita Sinaga


Semoga para finalis Pemilihan Duta Bahasa Tingkat DKI Jakarta Tahun 2022 dapat senantiasa menjadi generasi muda yang menanamkan Trigatra Bangun Bahasa, yaitu utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing. (DV)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa