Kolaborasi Badan Bahasa dengan Fun Cican: Produksi Serial Anak Bertemakan Literasi

Kolaborasi Badan Bahasa dengan Fun Cican: Produksi Serial Anak Bertemakan Literasi

Jakarta, 17 September 2022—Guna menanamkan literasi sejak dini, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) bekerja sama dengan Fun Cican menggelar Uji Tayang Serial Petualangan Glen dan Bina bersama Cican. Acara tersebut dilaksanakan di Mula Kotatua Jakarta.

Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Muh. Abdul Khak dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan awal serial animasi ini dibuat adalah untuk mengenalkan literasi kepada anak-anak usia dini. Hal ini sejalan dengan arahan Mendikbudristek agar literasi dapat menyasar kelompok anak usia dini. “Ini memang permintaan dari Mendikbudristek agar di awal-awal ini, literasi itu menyasar kepada kelompok PAUD dan SD,” ungkap Khak. Oleh karena itu, konten-konten yang dimasukkan ke dalam serial ini adalah pengetahuan literasi dasar yang berupa pengenalan angka, huruf, kata, dan kalimat sehingga diharapkan anak-anak dapat membaca dengan baik.

Lebih lanjut, Khak menyampaikan harapan dari kolaborasi ini. Ia berharap agar tokoh Glen dan Bina bersama Cican dapat diterima dan disukai anak-anak sehingga seri-seri berikutnya akan lebih banyak dibuat. Adapun kerja sama Badan Bahasa dengan Fun Cican pada tahun ini telah menghasilkan 10 seri cerita petualangan Glen dan Bina bersama Cican. Untuk itu, Khak juga meminta kepada Tim Cican (sebutan penggemar Fun Cican) untuk memberikan kritik dan saran. ”Kami minta pendapat dari penggemar Cican untuk bisa memberi masukan. Jika tokoh Glen, Bina, dan juga kontennya menurut Bapak dan Ibu baik dan bermanfaat, nanti akan kami tambah seri-seri berikutnya,” ujar Khak.

Pada kesempatan yang sama, Wahyu Aditya atau lebih dikenal dengan Wadit selaku animator dan kreator Fun Cican mengungkapkan perasaan senang atas terjalinnya kolaborasi dengan Badan Bahasa. “Fun Cican sangat senang bisa diajak bekerja sama dengan Badan Bahasa, Kemendikbudristek untuk bisa membuat kolaborasi animasi petualangan Glen dan Bina,” tuturnya.

Khak menambahkan bahwa terciptanya kolaborasi dengan Fun Cican didasari atas beberapa pertimbangan, yaitu rumah produksi Fun Cican sudah mempunyai banyak pengikut di kanal YouTube dan Instagram. Kemudian, Fun Cican dipilih karena sudah memiliki banyak penggemar anak-anak sehingga dari sisi pemasaran atau publikasi, Badan Bahasa terbantu dan melalui kanal YouTubenya, Tim Cican dapat mengikuti seri Glen dan Bina dengan baik.

Dalam acara tersebut, para penonton yang didominasi anak-anak usia dini yang berasal dari wilayah Jabodetabek sangat antusias menyaksikan dua episode serial Petualangan Glen dan Bina bersama Cican secara perdana. “Aku suka karena bagus. Bikin aku suka dan mau nonton lagi di rumah,” tutur Tara yang berusia lima tahun saat dimintai komentarnya tentang serial tersebut. Selain itu, Wiwik, salah seorang pendamping sekaligus orang tua yang menonton serial tersebut juga mengutarakan tanggapannya. “Sangat bermanfaat banget untuk anak-anak. Sangat bagus dari gambar, suara, bahasa, dan sangat mengedukasi sekali,” ungkapnya. Serial Petualangan Glen dan Bina bersama Cican dapat ditonton secara terbuka mulai tanggal 24 September 2022 di kanal YouTube Fun Cican. (ZA/RD)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa