Peningkatan Kinerja Pegawai dalam Semangat Bangkit Bersama

Peningkatan Kinerja Pegawai dalam Semangat Bangkit Bersama

Jakarta, 3 Oktober 2022—Sekretariat Badan Bahasa melaksanakan apel pagi di halaman kantor Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Apel pagi dibuka oleh Hafidz Muksin selaku Sekretaris Badan Bahasa. Hafidz menyampaikan ucapan terima kasih untuk kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas yang telah dilaksanakan hingga triwulan ketiga. Kinerja Sekretariat Badan Bahasa cukup baik jika dilihat dari capaian kinerja anggaran sebelum revisi BIPA terakhir, yaitu sebesar 71%.

Terkait dengan pelaksanaan program dan kegiatan, jika ditilik dari setiap penanggung jawab, program dan kegiatan sudah sesuai dengan apa yang direncanakan. Grafik rencana aksi dari Januari sampai dengan September sudah menunjukkan capaian yang cukup bagus.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Hafidz Muksin kepada penanggung jawab kegiatan yang sudah bekerja dengan optimal untuk melaksanakan rancangan aktivitas kegiatan di layanan masing-masing. Selanjutnya, Hafidz Muksin mengingatkan kembali terkait dengan disiplin pegawai.

“Sebagai abdi negara atau Aparatur Sipil Negara (ASN), maka disiplin menjadi modal utama kita. Tanpa disiplin, maka kinerja kita tidak akan ada nilainya,” ujar Hafidz Muksin pada apel pagi itu.  Kedisiplinan ini di antaranya adalah hadir tepat waktu dan pulang tidak melanggar waktu yang sudah ditetapkan.

Hafidz Muksin kemudian membahas peningkatan kinerja para pegawai. Pengisian log harian diharapkan dapat dilakukan secara tertib dan diisi setiap hari sesuai dengan pekerjaan yang sudah dikerjakan. Log harian ini akan dipantau setiap minggunya oleh Akik Takjudin selaku Kepala Subbagian Tata Usaha Sekretariat Badan Bahasa.

Hal lain yang merupakan salah satu indikator kedisiplinan adalah melakukan pemanfaatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui SINDE. Hafidz Muksin juga mengingatkan kepada pegawai agar surat, informasi, dan disposisi yang masuk dapat segera direspons dan ditindaklanjuti.

“Karena surat itu penting bagi yang berkepentingan. Sebagai contoh, dalam hal kepengurusan kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, izin, surat tugas, dan seterusnya,” ujar Hafidz kepada seluruh pegawai yang hadir.

Pada triwulan ke empat tahun ini, akan diadakan survei kepuasan pelanggan terhadap layanan yang dilakukan oleh Sekretariat Badan Bahasa. Hal ini dilakukan sebagai bentuk evaluasi untuk meningkatkan kinerja pada masa yang akan datang. Para pegawai diminta untuk membuat rencana aksi selama tiga bulan ke depan yang berisi jadwal mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan dari bulan Oktober sampai dengan Desember. Jadwal ini akan dimasukkan ke GESIT sehingga jadwal selama tiga bulan yang akan dilaksanakan oleh seluruh layanan terpublikasikan di GESIT dan dapat dilihat oleh siapa saja untuk dicermati.

Hafidz Muksin menyampaikan kepada seluruh pegawai untuk mengikuti, mendengarkan, serta mencermati apa yang menjadi arahan Kepala Badan Bahasa mengenai tema Bulan Bahasa & Sastra, yaitu “Bangkit bersama”. “Bangkit bersama” diharapkan dapat menjadi semangat meneladani para pejuang di tahun 1928 yang menggelorakan Sumpah Pemuda.

Apel pagi dilanjutkan oleh penyampaian beberapa hal oleh Akik Takjudin dan Margiyati. Akik Takjudin  menyampaikan kepada para penanggung jawab untuk memperhatikan sisa anggaran kegiatan yang tersedia sehingga tidak melebihi rencana anggaran yang sudah disusun. Selanjutnya, Margiyati meminta bantuan kepada teman-teman dari layanan kepegawaian untuk segera membuat laporan pertanggungjawaban apabila terdapat anggaran dari kegiatan bulan September yang belum dibuat laporannya sehingga dapat melihat anggaran mana saja yang belum terbayar.

Apel pagi kemudian ditutup oleh Hafidz Muksin. Ia berharap para pegawai dapat menambah semangat dalam meningkatkan etos kerja, disiplin, dan kinerja serta dapat menciptakan suasana lingkungan kerja yang harmonis, nyaman, aman, bersih, tertib, indah, dan rapi. (Andita/Zinan)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa