Wirausaha Generasi Muda Melalui Lokabasa Duta Bahasa Sulawesi Tenggara

Wirausaha Generasi Muda Melalui Lokabasa Duta Bahasa Sulawesi Tenggara

Kendari, 9 Oktober 2022—Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) bersama Duta Bahasa Sulawesi Tenggara menyelenggarakan Lokabasa (Niaga Bahasa) yang terbuka untuk umum di area Kolam Retensi Boulevard Kendari. Acara yang merupakan puncak acara dari rangkaian semarak Bulan Bahasa dan Sastra 2022 KBST ini dihadiri oleh anggota Komisi X DPR RI, Tina Nur Alam; Kepala Subbagian Umum Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulawesi Tenggara, Jaenudin Pagala; Kepala KBST, Uniawati; Rektor Universitas Sulawesi Tenggara, Andi Bahrun; dan Direktur Rakyat Sultra, Mahdar. Selain itu, hadir pula dewan juri lomba dan perwakilan sekolah, siswa, dan guru.

Kepala KBST menjelaskan bahwa Lokabasa (Niaga Bahasa) ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa dan sastra sebagai prasarana untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat. “Melalui kegiatan Niaga Bahasa ini diharapkan industri kreatif dapat terus berkembang, khususnya pada generasi muda serta meningkatkan pengetahuan dan kecintaan terhadap bahasa, terutama bahasa Indonesia,” ujar Uniawati dalam sambutan kegiatan.

Direktur Rakyat Sultra berterima kasih atas sambutan baik KBST dan kerja sama berbagai pihak sehingga lomba-lomba Bulan Bahasa terselenggara dengan baik. Ia juga mengatakan bahwa Rakyat Sultra telah lama bermitra dengan kantor bahasa, tetapi ini pertama kalinya kegiatan lomba diadakan bersama.

Kehadiran anggota Komisi X DPR RI, Tina Nur Alam, selain membuka acara secara resmi, juga menjelaskan bahwa Komisi X DPR RI adalah komisi yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, terutama dalam bidang literasi kebahasaan dan kesastraan. Ia mengingatkan pula bahwa Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang pernah mendapatkan penghargaan Adibahasa pada tahun 2008 dari Presiden RI saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono. Penghargaan Adibahasa merupakan bukti bahwa Provinsi Sulawesi Tenggara pernah berprestasi dalam pemajuan kebahasaan dan kesastraan, termasuk literasi.

Acara Lokabasa (Niaga Bahasa) ini dibuka dengan senam bersama seluruh masyarakat yang hadir di area Kolam Retensi Boulevard Kendari dan dilanjutkan dengan penampilan tari pembuka oleh Duta Bahasa Sultra, penampilan musikalisasi puisi oleh MAS Asy Syafiiah Kendari, dan pengumuman sekaligus pemberian hadiah kepada para pemenang lomba.

Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) bekerja sama dengan Rakyat Sultra menyelenggarakan berbagai lomba, yaitu Lomba Baca Puisi bagi Guru Se-Kota Kendari, Lomba Baca Puisi Digital bagi Siswa SD/MI/Sederajat Se-Sulawesi Tenggara, dan Lomba Cerdas Cermat Kebahasaan dan Kesastraan bagi Siswa SMA Se-Kota Kendari. Berikut ini adalah daftar pemenang di tiap lomba.

Lomba Baca Puisi bagi Guru Se-Kota Kendari

Juara 1: Sitti Zatiar Ihfa

Juara 2: Tyas Handayani Jamal

Juara 3: Mustafa Hakim

Juara Harapan 1: Syaiful S. Tamboeraka

Juara Harapan 2: Fany Oktaviany

Juara Harapan 3: Ismoyo Ndosam

 

Lomba Baca Puisi bagi Siswa SD/MI/Sederajat Se-Sulawesi Tenggara

Juara 1: Firsya Aurelya Pricilla

Juara 2: Ahza Almirzha Hessian

Juara 3: Muhammad Ghanim Azhar

Juara Harapan 1: Felisa Adriani

Juara Harapan 2: Khalista Syafiqah S.

Juara Harapan 3: Bernadetta Evelyn Natalia Palayukan

 

Lomba Cerdas Cermat SMA/SMK/MA/Sederajat Se-Kota Kendari

Juara 1: SMAN 1 Kendari (tim 2)

Juara 2: SMAN 7 Kendari

Juara 3: SMAN 2 Kendari (tim 1)

Juara Harapan 1: SMAN 2 Kendari (tim 2)

Juara Harapan 2: SMKN 1 Kendari (tim 2)

Juara Harapan 3: SMAN 4 Kendari

 

Selain itu, ada wicara tunggal dan diskusi mengenai kebahasaaan dan industri kreatif dengan beberapa narasumber, yaitu Iryansyah Nasir, Muhammad Reza, Idul Fatra, Wa Ode Nur Iman, dan Zakiya M. Husba. Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) juga akan menyelenggarakan acara bincang-bincang dengan tema “Tekongko #2: Dinamika Sastra di Sulawesi Tenggara”, Pemutaran Video Menjalin Indonesia dari Sulawesi Tenggara, dan Evaluasi dan Apresiasi Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik dan Dokumen Lembaga. Kegiatan-kegiatan tersebut berlangsung hingga 18 Oktober 2022. Untuk lebih jelasnya, dapat diikuti di akun media sosial Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa