Bangkit Bersama melalui Inovasi untuk Memajukan Bahasa Indonesia

Bangkit Bersama melalui Inovasi untuk Memajukan Bahasa Indonesia

Bulan Oktober senantiasa diidentikkan dengan Sumpah Pemuda. Pada saat itu pemuda dari berbagai daerah dan kelompok mengakui dan menyepakati gagasan “Indonesia” sebagai tanah air, bangsa, dan bahasa persatuan. Selain melahirkan tekad politik untuk hidup sebagai satu bangsa yang berdaulat dalam satu tanah air yang merdeka, Sumpah Pemuda memancarkan kearifan untuk mengembangkan modal budaya, yakni bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan sekaligus bahasa nasional. Keberadaan bahasa Indonesia telah menjadi anugerah bagi bangsa karena menjadi simbol, jati diri, serta perajut persatuan.

Tepat pada peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2022, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kembali menggelar Acara Puncak Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2022. Pada tahun ketiga era kenormalan baru ini Bulan Bahasa dan Sastra tetap dilaksanakan dengan penuh semangat dan semarak meskipun penyelenggaraannya lebih banyak memanfaatkan ruang virtual. Berbagai acara dikemas secara kreatif dan inovatif untuk menghasilkan semangat baru dalam berbahasa.

Kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra (BBS) 2022 ini dibuka secara resmi pada tanggal 1 Oktober dengan tema “Bangkit Bersama”. Tema tersebut berisi ajakan agar masyarakat saling mendukung dan bahu-membahu untuk bangkit dari pandemi serta bertumbuh menjadi lebih kuat. Sejak tanggal 1 Oktober hingga tiba pada Acara Puncak Bulan Bahasa dan Sastra 2022 pada tanggal 28 Oktober, Badan Bahasa telah menyelenggarakan berbagai kegiatan, baik di pusat maupun di daerah. Kegiatan itu berupa apresiasi, kompetisi, pementasan, diskusi, dan pemberian informasi untuk meningkatkan sikap positif terhadap bahasa Indonesia dan sikap apresiatif terhadap sastra.

Dalam laporannya, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, E. Aminudin Aziz menyampaikan bahwa BBS 2022 juga didukung oleh para handai atau sahabat BIPA di luar negeri. Kegiatan BBS juga diikuti anak PAUD; siswa jenjang SD, SMP, dan SMA; mahasiswa; serta masyarakat umum sebagai pencinta dan pegiat bahasa dan sastra. Bahkan, kegiatan-kegiatan BBS 2022 juga telah menjangkau generasi-generasi muda kita yang mengalami keterbatasan. Dari jumlah orang yang turut serta dalam kegiatan, di pusat misalnya, dari 13 jenis kegiatan yang diselenggarakan, tercatat ada 8.384 pendaftar dan 3.940 peserta. Beberapa di antaranya adalah masyarakat Tuli yang menjadi peserta dalam Lomba Mendongeng dengan Bahasa Isyarat.

“Melalui BBS, kami mencoba menjangkau Indonesia sebagai implementasi slogan yang selalu kami serukan bahwa Badan Bahasa Bermartabat dan Bermanfaat. Bulan Bahasa dan Sastra 2022 bukan hanya acara seremonial dan perayaan semata, melainkan juga merupakan pemantik ingatan kita untuk tetap mengobarkan semangat dalam menjunjung bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan,” ungkap E. Aminudin Aziz.

Keberadaan bahasa Indonesia telah menjadi anugerah bagi bangsa Indonesia karena menjadi simbol, jati diri, serta perajut persatuan. Namun, seiring dengan perkembangan yang terjadi di masyarakat dengan begitu cepat, kita ditantang untuk tetap mengembangkan dan membina bahasa persatuan, merawat bahasa daerah, sekaligus menguasai bahasa asing. Untuk itu, diperlukan kebijakan kebahasaan yang berkelanjutan. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kemendikbudristek hadir sebagai satu-satunya lembaga pemerintah yang diberi mandat untuk menangani masalah kebahasaan dan kesastraan di Indonesia dengan menjaga mutu bahasa Indonesia dalam berbagai ranah demi kewibawaan dan martabat bangsa.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem A. Makarim, dalam sambutannya menyampaikan bahwa bahasa Indonesia diciptakan untuk merajut beragam suku, agama, etnis, dan golongan menjadi satu kesatuan. Oleh karena itu, bahasa Indonesia memiliki keunggulan dalam hal sifatnya yang terbuka. Bahasa Indonesia dengan leluasa menyerap banyak kosakata, istilah, serta konsep, baik dari bahasa asing maupun bahasa daerah. Hal tersebut dapat kita lihat dari entri Kamus Besar Bahasan Indonesia (KBBI) yang terus bertambah. Hal itu membuktikan bahwa bahasa kita terus berkembang. Namun, dewasa ini bahasa Indonesia menghadapi tantangan yang makin rumit yang salah satunya disebabkan oleh perkembangan teknologi yang makin cepat. Oleh karena itu, Badan Bahasa berusaha meningkatkan peran bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmu pengetahuan serta sebagai bahasa yang mampu mengartikulasikan perkembangan teknologi dan mengekspresikan pengalaman-pengalaman baru generasi muda.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Badan Bahasa berkomitmen untuk terus mengakselerasi perkembangan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan teknologi yang tepat guna. Badan Bahasa meluncurkan sejumlah platform untuk meningkatkan layanan kebahasaan dan kesastraan, antara lain, aplikasi Halo Bahasa Versi iOS, aplikasi Padanan Istilah (Pasti), laman Buku Digital (Budi), laman Penerjemahan Daring (Penjaring), dan laman Simulasi UKBI Adaptif Merdeka. Semua terobosan tersebut dapat membawa manfaat jika semua bergotong royong dalam memajukan bahasa Indonesia.

Mendikbudristek berpesan, “Ibu dan Bapak Guru, tolong manfaatkan inovasi-inovasi teknologi dari Badan Bahasa ini dalam pembelajaran bahasa dan sastra di sekolah. Demikian pula halnya dengan pegiat bahasa dan sastra Indonesia. Sebarkan praktik baik Anda dalam menggunakan produk-produk teknologi kami kepada masyarakat yang lebih luas.”

Selain peluncuran produk berupa aplikasi dan laman, dalam Acara Puncak Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2022 yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Badan Bahasa, diluncurkan pula buku Antologi Cerita Anak Indonesia, Produk Pemodernan Sastra, video “Petualangan Bina dan Glen bersama Cican”, dan informasi Kongres Bahasa Indonesia XII. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pengumuman pemenang lomba dan festival dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2022 serta penerima Penghargaan Sastra Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2022. Daftar pemenang lomba dan festival, penerima penghargaan, serta pemilihan karya terbaik dalam rangkaian Perayaan Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2022 dapat dilihat di laman www.badanbahasa.kemdikbud.go.id.


Lampiran Edaran Pers Puncak Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2022

A. Penghargaan

1. Penghargaan Sastra Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

No.

Nama

Kategori

Judul Karya

1.

Bre Redana

Novel

Kidung Anjampiani

2.

Asef Saeful Anwar

Kumpulan Cerpen

Pada Sebuah Radio Dangdut

3.

Ahda Imran

Kumpulan Puisi

Lidah Orang Suci

4.

Gus Martin

Naskah Drama

Rahu

5.

Arif Bagus Prasetyo

Kumpulan Esai Sastra

Saksi Kata

 

2. Penghargaan Lembaga Peduli Standar Kemahiran Berbahasa Indonesia

Nama Penghargaan

Nama Lembaga

Lembaga Peduli Standar Kemahiran Berbahasa Indonesia

Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan

 

 

B. Lomba dan Festival

1. Pemilihan Duta Bahasa Nasional

No.

Peringkat

Nama

Provinsi

1.

Terbaik I

 

Daffa Aqilah Sofiyan

DKI Jakarta

2.

Anzalna Nuraini Alifah Djalins

3.

Terbaik II

 

Shabil Syach Pachlefi

Jawa Barat

4.

Ghania Wardani Luthfiyyah

5.

Terbaik III

 

Rivaldi Arnando Kurniawan

Lampung

6.

Yolanda Permata Yanra

7.

Terbaik IV

 

Muhammad Choirul Afrizal

Sulawesi Utara

8.

Aisha Salsabila

9.

Terbaik V

 

Bikram Yash Bhullar

Sumatra Utara

10.

Dina Ngurasinta Perangin-Angin

11.

Terbaik VI

 

I Kadek Aditya Saputra

Bali

12.

Ni Putu Ayu Niya Loviyani

13.

Harapan I

 

Laposa Mirta Dea Roja

Riau

14.

Vega Aisyah Alifia Khan Biryanto

15.

Harapan II

 

Ahmad Zaed Abdul Aziz

Jambi

16.

Malika Hijriati Dewi

17.

Harapan III

 

Zhein Nirwan Tawil

Gorontalo

18.

Dini Salsabilah Gasim

19.

Harapan IV

 

Faaiq Fajari Fauzan

Kepulauan Riau

20.

Titania Anggriani

21.

Terfavorit

 

Faaiq Fajari Fauzan

Kepulauan Riau

22.

Ghania Wardani Luthfiyyah

Jawa Barat

 

2. Festival Digital Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional

No.

Peringkat

Nama Sekolah

Provinsi

1.

Terbaik I

SMA Negeri Tanjungsari Sumedang

Jawa Barat

2.

Terbaik II

SMA Kristen Immanuel Pontianak

Kalimantan Barat

3.

Terbaik III

SMA Negeri 1 Kendari

Sulawesi Tenggara

4.

Terbaik IV

SMA PGRI 4 Kairatu

Maluku

5.

Terbaik V

SMA Labschool Kebayoran

DKI Jakarta

6.

Terbaik VI

SMK Negeri 1 Bontang

Kalimantan Timur

7.

Harapan I

SMA Negeri 4 Surakarta

Jawa Tengah

8.

Harapan II

SMA Negeri 2 Negara

Bali

9.

Harapan III

SMA Negeri 2 Binjai

Sumatra Utara

10.

Harapan IV

SMA Negeri 1 Rangkasbitung

Banten

11.

Favorit

SMA Negeri 1 Pringsewu

Lampung

 

3. Kuis Pelita Bahasa

No.

Kategori

Nama Sekolah

Provinsi

Tingkat SMP/Sederajat

1.

Terbaik I

SMP Negeri 182 Jakarta
1. Jaksely Nadin Pratama
2. Farrell Nabil Deyandra
3. Muhammad Alif Azka Arsyad Tumenggung

DKI Jakarta

2.

Terbaik II

SMP Methodist, Banda Aceh
1. Sharon Yonata
2. Cheixia Quinn Choalyne
3. Benny

Aceh

3.

Terbaik III

SMP Don Bosco 1 Jakarta
1. Filbert Huseno
2. Jennifer Julienne
3. Marvella Huseno

DKI Jakarta

4.

Terbaik IV

MTs Negeri 1 Kota Bekasi
1. Rarasati Azzahra
2. Naila Aini Bahri
3. Muhammad Ibadurrahman Adryan

Jawa Barat

5.

Terbaik V

SMP Negeri 2 Tulung, Klaten
1. Jenny Arista
2. Shinta Amalia Maisyaroh
3. Citra Tsalisa Putri

Jawa Tengah

6.

Terbaik VI

SMP Negeri 2 Sedati, Sidoarjo
1. Kania Nawalia Saputri
2. Adetya Anggraini
3. Zahra Nahdiyant Febriyanti

 

Jawa Timur

Tingkat SMA/Sederajat

1.

Terbaik I

SMA Negeri 3 Magelang
1. Faisal Ilhamsyah
2. Ayunda Woro
3. Lubna Zahira

Jawa Tengah

2.

Terbaik II

SMA Negeri 1 Gemolong, Sragen
1. Melysa Mahatama Nabela
2. Salsabila Nur Faisah
3. Zaskya

Jawa Tengah

3.

Terbaik III

SMA Swasta Al Isryad Al Islamiyyah, Purwokerto
1. Widelia Kiahsari Imanda
2. Fatihatunnisa Fadilah Madani
3. Putri Nabila Al Zahra

Jawa Tengah

4.

Terbaik IV

SMA Kristen Ipeka Grand Wisata, Bekasi
1. Joyce Stefany Tambun
2. Rimalya Valerina
3. Jonathan Rivalyon Rubby

Jawa Barat

5.

Terbaik V

SMA Swasta Ipeka Tomang, Jakarta
1. Derren Johnathan Onggo Hartono
2. Divin Alfindo
3. Aurelia Christabell Hardy

DKI Jakarta

6.

Terbaik VI

SMA Negeri 1 Selong
1. Ilham Sastra Ratnamaya
2. Cantika Yunita Meilani
3. Fadila Sukmawati

Nusa Tenggara Barat

 

 

4. Lomba Mendongeng dengan Bahasa Isyarat

No.

Peringkat

Nama

Asal Instansi/Provinsi

1.

Terbaik I Kategori SIBI

Tutiningsih

SLB Negeri Tamanwinangun Kebumen, Jawa Tengah

2.

Terbaik II Kategori SIBI

Ida Kusuma Ningrum

SLB Putra Pertiwi Kebumen, Jawa Tengah

3.

Terbaik III Kategori SIBI

Muhamad Bagas Febriyanto

SLB ABCD Tunas Kasih Donoharjo, DI Yogyakarta

4.

Terbaik I Kategori Bisindo

Charles Gegeat Sarereake

SMA Katolik Xaverius Padang, Sumatra Barat

5.

Terbaik II Kategori Bisindo

Abhi Praya Ifander Rafi

SMALB Karya Mulia, Jawa Timur (Alumnus)

6.

Terbaik III Kategori Bisindo

Solikhah Nur Utami

SLB Putra Pertiwi Kebumen

 

5. Lomba Cerdas Mengulas Buku

No.

Peringkat

Nama

Kategori PAUD

1.

Terbaik I

Nesya Patricia Wibowo

2.

Terbaik II

Arkhan Dhinakara Dzakiandra Asyarif

3.

Terbaik III

Muhammad Faiz Al Hafidz

4.

Terbaik IV

Syafiqa Andisya Ramadhani

5.

Terbaik V

Khaliza Almera Ahmad Ashiqui

6.

Terbaik VI

Giselle Mikhaela Sidupa

7.

Terbaik VII

Ghaziyah Farzana Mallewai

8.

Terbaik VIII

Arkarahagi Atmaja Achmad

9.

Terbaik IX

Aysila Harika Taufik

10

Terbaik X

Alfia Luthfia Hanin

Kategori SD Kelas Rendah

1.

Terbaik I

Zakia Minang Ayu

2.

Terbaik II

Joanchita Velia Sinaga

3.

Terbaik III

Medina Windriya Khairunnisa

4.

Terbaik IV

Shafana Humaira Ahmad Floel

5.

Terbaik V

Muwatta Al Fayyed Rum Harahap

6.

Terbaik VI

Fahreza Danendra Alghifari

7.

Terbaik VII

Khanza Kirana Aqilla Putri

8.

Terbaik VIII

Kalandra Areta Srikandi

9.

Terbaik IX

Clarissa Ivy Pakpahan

10

Terbaik X

Kalandra Ikram Akhmad

Kategori SD Kelas Tinggi

1.

Terbaik I

Puti Renobayan Jouzu Abadi

2.

Terbaik II

Melody Scarlette Heavenlee

3.

Terbaik III

Alin Alyda Rahma

4.

Terbaik IV

Kayla Zheelva Nadira Putri

5.

Terbaik V

Faith Damai Miracle Wangsasaputra

6.

Terbaik VI

Ineztasya Malva Kristara Putri

7.

Terbaik VII

Almayra Azza Deenova

8.

Terbaik VIII

Akasa Gemapadma

9.

Terbaik IX

Chila Meisya Kuswanda

10

Terbaik X

Soraya Princess Zulviana

 

6. Festival Video Padanan Istilah (Pasti)

No.

Peringkat

Nama

1.

Terbaik I

Vicky Taniady

2.

Terbaik II

Campin Veddayana

3.

Terbaik III

Hananni

4.

Harapan I

Belatrix Gracia A.

5.

Harapan II

Mufid M. Alfayid

6.

Harapan III

Sotyarani P.

 

7. Festival Film Pendek Berbahasa Daerah

No.

Peringkat

Nama

Karya

Tingkat SMA/Sederajat

1.

Terbaik I

Dicosma

1.000 Hari: Tiada Tangisan di Surga

2.

Terbaik II

Cinema 17

Pamit

3.

Terbaik II

Komunitas Asih

Seselat

4.

Terfavorit

Bonticinema

Tangange 12

Tingkat Mahasiswa/Umum

1.

Terbaik I

MM Kine Klub

Dusner

2.

Terbaik II

IBGK Pagaralam

Tangisan di Ujung Jemari

3.

Terbaik III

Rumah Banjarsari

Golek Upa

4.

Harapan 1

Pelem Studio

Boy-Boynan

 

8. Festival Handai Indonesia

No.

Kategori

Peringkat

Nama

Negara

1.

Bercerita

Terbaik I

Hend Sayed Nasr Sayed

Mesir

Terbaik II

Lisa Ho

Amerika Serikat

Terbaik III

Fernando Van Nahak

Timor Leste

2.

Berkomedi Tunggal

Peraih Penghargaan Kategori C

Matt Koenig

Amerika Serikat

3.

Bermain Peran

Peraih Penghargaan Kategori B

A.N. Davronbek Gafurov

Uzbekistan

4.

Bermusikalisasi Puisi

Peraih Penghargaan Kategori C

Benigna Dos Anjos Pinto

Timor Leste

5.

Bernyanyi

Terbaik I

Julia Ryzhaya

Rusia

Terbaik II

Shakif Bin Suhaimi

Malaysia

Terbaik III

Truong Ha Vy

Vietnam

6.

Berpidato

Terbaik I

Islam Ragab Abdelhamid Shehata

Mesir

Terbaik II

Iriananda Jete Miranda

Timor Leste

Terbaik III

Dipesh Raj

India

7.

Membacakan Puisi

Terbaik I

Virna De Araujo

Timor Leste

Terbaik II

Rokayah Luebaesa

Thailand

Terbaik III

Marleen Colson

Belgia

8.

Membawakan Reportase

Terbaik I

Kaiji Wada

Jepang

Terbaik II

Durdona Kenjaeva

Uzbekistan

Terbaik III

Xu Yunyu

Tiongkok

 

 

9. Apresiasi Giat UKBI Adaptif Merdeka

No.

Nama Sekolah

Provinsi

1.

SMA Negeri 1 Pontianak

Kalimantan Barat

2.

SMA Negeri 1 Turen

Jawa Timur

3.

SMA Negeri 4 Berau

Kalimantan Timur

4.

SMA Negeri 4 Jayapura

Papua

5.

SMA Negeri 1 Semarapura

Bali

6.

SMK Negeri 3 Soppeng

Sulawesi Selatan

7.

SMP Hikmah Yapis Jayapura

Papua

8.

SMP Negeri 2 Dumai

Riau

9.

SMP Negeri 1 Banda Aceh

Aceh

10.

SMP Negeri 1 Kota Bengkulu

Bengkulu

11.

SMP Negeri 1 Padamara

Jawa Tengah

12.

SMP Negeri 7 Tanjungpinang

Kepulauan Riau

13.

SMP Negeri 15 Mataram

Nusa Tenggara Barat

14.

SMP Negeri 206 Jakarta

DKI Jakarta

15.

MTs Negeri 1 Maluku Tengah

Maluku

 

 

C. Pementasan Grup Teater Sekolah Tingkat SMA Se-Jabodetabek

No.

Nama Grup

Nama Sekolah

Judul Karya

1.

Teater Sampul

SMKN 50 Jakarta

Cinde (Tak) Rela

2.

Teater 70

SMAN 70 Jakarta

Abiwara

3.

Teater Kompeni

SMKN 1 Bogor

Perjalanan Hang Juro “Penghianatan Shiva”

4.

Teater Lima

SMAN 5 Jakarta

Dongeng Nusantara

5.

Komsastar

SMK Al-Hidayah Lestari

Hilang

 

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa