Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Kawasan Industri

Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Kawasan Industri

Konawe, 9 November 2022—Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) melaksanakan sosialisasi program prioritas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) ke dua perusahaan besar yang bergerak di bidang tambang nikel, yaitu PT VDNI dan PT OSS. Dua perusahaan besar yang berada di wilayah Morosi, Konawe ini berlokasi dalam satu kawasan industri dengan nama Virtue Dragon Nickel Industry Park (VDNIP). Kedatangan rombongan KBST disambut baik oleh Agus Wahyudi selaku Penanggung Jawab Teknik dan Lingkungan (PTL) PT VDNI, Mus selaku Penanggung Jawab Tenaga Kerja Asing (TKA), dan Roni Syukur selaku Penanggung Jawab Teknik dan Lingkungan (PTL) PT OSS. Selain itu, hadir pula staf HRD PT VDNI dan beberapa staf dari dua perusahaan tersebut.

Dalam kesempatan ini, Uniawati, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara, menyampaikan bahwa program BIPA disosialisasikan agar para karyawan asing yang bekerja di dua perusahaan ini dapat diberi pengetahuan dan pemahaman tentang berbahasa Indonesia yang baik dan benar. “Sebagai UPT dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki tugas utama dalam pengutamaan bahasa Indonesia di Provinsi Sulawesi Tenggara. Dengan adanya rencana program BIPA di kawasan industri perusahaan tambang nikel yang memiliki banyak karyawan asing, pengutamaan bahasa Indonesia tentunya menjadi wajib dilaksanakan. “Kami menawarkan program pengajaran BIPA dengan model kerja sama. Kantor bahasa akan menyediakan pembelajar, sedangkan perusahaan menyiapkan pemelajarnya, yaitu karyawan asing di lingkungan PT VDNIP,” ujarnya.

Dalam hal pembelajaran, kawasan industri PT VDNIP telah memiliki training center bagi para pegawainya dalam mengembangkan berbagai keahlian, termasuk keahlian berbahasa Indonesia bagi karyawan asing. Mus mengungkapkan bahwa semua karyawan asing mendapat kelas berbahasa dan peningkatan kompetensi. “Kami telah menyediakan training center yang telah dilengkapi dengan berbagai alat peraga pendukung dan bahkan perpustakaan pun kami sediakan. Meskipun belum lengkap dan belum dimanfaatkan dengan maksimal, fasilitas tersebut akan lebih bermanfaat lagi jika ada kolaborasi dengan kantor bahasa, khususnya dalam hal pembelajaran bahasa Indonesia,” ujar Mus selaku Penanggung Jawab TKA di dua perusahaan tersebut.

Dua perusahaan ini menyambut berbagai masukan dan rencana kerja sama yang KBST tawarkan dengan sangat baik. Kenyataan ini sangat berbeda dengan isu yang beredar di masyarakat bahwa perusahaan ini sangat tertutup dan susah untuk dijangkau. Dua perusahaan ini juga menyatakan bahwa akan selalu mendukung dan menyambut baik program yang akan dilaksanakan pemerintah, terlebih dalam hal pengutamaan bahasa Indonesia bagi penutur asing.

Selain program BIPA, Kepala KBST juga menjelaskan bahwa ada program Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bagi karyawan asing yang ada di lingkungan PT VDNIP. Program UKBI ini dapat dijadikan tolok ukur kemampuan berbahasa Indonesia bagi karyawan yang ada di kawasan industri PT VDNIP.

Kepala KBST menyampaikan pula bahwa dalam kawasan industri ini bahasa Indonesia harus diutamakan penggunaannya dan dapat disertai dengan bahasa daerah atau bahasa asing sesuai dengan keperluan. Ia menjelaskan lebih tegas bahwa tidak ada pelarangan jika memang tetap ingin menggunakan bahasa asing, asalkan bahasa Indonesia tetap diutamakan dengan cara penulisannya harus paling atas dan ukurannya lebih besar daripada bahasa lain. Hal ini disampaikan karena dalam kawasan industri PT VDNIP banyak ditemukan bahasa asing yang terpampang di ruang publiknya. Dalam kunjungan kali ini diambil pula beberapa data wajah bahasa yang ada di kawasan PT VDNIP. Data tersebut akan dijadikan bahan kajian dan selanjutnya perusahaan akan diberikan saran dan masukan untuk perbaikan penggunaan bahasa Indonesia di kawasan industri perusahaan ini.

Program kali ini diharapkan menjadi langkah awal Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara dalam melakukan pendampingan dan pembinaan kepada pihak PT VDNIP, khususnya bagi karyawan asing yang ada di perusahaan tersebut. Semoga program ini dapat bermanfaat bagi industri pertambangan yang ada di Sulawesi Tenggara, khususnya pertambangan nikel.

Admin Badan Bahasa

-

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa