Peningkatan Disiplin dan Kinerja Pegawai melalui Apel Pagi

Peningkatan Disiplin dan Kinerja Pegawai melalui Apel Pagi

Jakarta—Senin, 6 Februari 2023, tepat pada pukul 07.30 WIB, seluruh pegawai di lingkungan Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek melaksanakan apel pagi. Sekretaris Badan, Hafidz Muksin, bertindak sebagai pembina apel dan didampingi oleh Kepala Subbagian Tata Usaha, Sartono serta Margiyati selaku Koordinator Layanan di Sekretariat. Kegiatan apel pagi yang dilaksanakan setiap awal bulan di Sekretariat Badan bertujuan untuk mewujudkan Sekretariat HEBAT (Harmonis, Energik, Bermutu, Akuntabel, Transparan) yang menjadi moto Sekretariat.

Lebih lanjut, Sekretaris Badan menekankan bahwa melalui apel pagi pimpinan dapat memberikan pembinaan, arahan, dan melakukan pengawasan. Apel pagi juga menjadi sarana untuk menyampaikan informasi terkait dengan pelaksanaan program dan kegiatan. “Apel pagi ini bisa menjadi wahana yang tepat bagi pimpinan untuk mendukung staf agar tetap memiliki semangat kerja, loyalitas, integritas, produktivitas, serta moral kerja yang dibutuhkan Sekretariat Badan sehingga program dan kegiatan dapat berjalan lancar sesuai dengan target,” ungkap Hafidz. 

Secara khusus, Sekretaris Badan juga memberikan apresiasi kepada Sartono sebagai pegawai teladan pertama di lingkungan Badan Bahasa yang saat ini menjadi Kepala Subbagian Tata Usaha Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Pegawai yang berprestasi diharapkan menjadi inspirasi bagi pegawai lainnya untuk melakukan hal yang sama dan dapat memberikan dukungan yang baik bagi pelaksanaan program dan kegiatan Sekretariat Badan.

Hafidz juga menyampaikan bahwa apel pagi akan dilakukan secara rutin setiap bulan agar dapat menilik berbagai perkembangan di lapangan sehubungan dengan perubahan arus informasi dalam pelaksanaan pekerjaan yang terus berubah dengan cepat. Informasi tersebut harus tersampaikan dengan cepat pula sehingga setiap pegawai dapat segera menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Hal itu sejalan dengan transformasi yang sedang berlangsung di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dari era “dinosaurus” menjadi “elang rajawali”. Mengingatkan kembali agar pegawai berkomitmen untuk memberikan layanan GPL (Ga pake lama) dengan melaksanakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui Sistem Naskah Dinas Elektronik (SINDE), selalu hadir tepat waktu, serta mengisi Log Harian setiap hari,” pungkas Hafidz.

Di akhir arahannya, Sekretaris Badan berharap agar seluruh pegawai meningkatkan disiplin dan kinerja serta moralitas yang lebih baik guna wujudkan Sekretariat HEBAT dan mengukuhkan Badan Bahasa Bermartabat Bermanfaat”. (Nui) 

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa