Kongres Bahasa Indonesia XII sebagai Media Bertukar Pikiran dalam Pemajuan Literasi

Kongres Bahasa Indonesia XII sebagai Media Bertukar Pikiran dalam Pemajuan Literasi

Palangkaraya, 23 Mei 2023—Bahasa Indonesia adalah salah satu faktor penting yang memengaruhi perjalanan kehidupan bangsa. Perkembangan serta peningkatan peran dan fungsi bahasa Indonesia tidak terlepas dari pembahasan pada Kongres Bahasa Indonesia I pada tahun 1938 hingga Kongres Bahasa Indonesia XI pada tahun 2018. Saat ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) kembali melakukan Kongres Bahasa Indonesia XII. KBI XII Tahun 2023 ini mengusung tema “Literasi dalam Kebinekaan untuk Kemajuan Bangsa”. Tema tersebut bermakna bahwa penguatan literasi baca-tulis perlu ditumbuhkan dari kesadaran tentang kebinekaan Indonesia yang meliputi adat istiadat, suku bangsa, bahasa, dan agama.

Untuk mendukung hal tersebut, pada Selasa, 23 Mei 2023 Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan Diseminasi Kongres Bahasa Indonesia XII: Adibasa, Adiwangsa yang bertempat di Hotel Aquarius, Palangkaraya. “Sebagai penghela ilmu pengetahuan, bahasa Indonesia telah mampu mewadahi keberagaman konsep pengetahuan, baik yang berakar pada kearifan Nusantara maupun peradaban modern,” ungkap Widyabasa Ahli Madya Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek, Dr. Maryanto, M.Hum.

Kongres Bahasa Indonesia XII bertujuan untuk 1) menentukan arah kebijakan pengembangan dan pembinaan bahasa, 2) menghimpun pemangku kepentingan untuk bertukar gagasan dan informasi terkini tentang penanganan bahasa dan sastra, serta 3) menghasilkan rekomendasi yang akan menjadi bahan masukan bagi pengambil kebijakan dalam melakukan tugas dan fungsi pengembangan dan pembinaan bahasa di Indonesia. Untuk menyambut pelaksanaan Kongres Bahasa Indonesia XII tersebut, Kepala Subbagian Umum Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, Rebda Agus Prabowo, S.E., menyampaikan dukungannya dengan memfasilitasi Taklimat Kongres Bahasa Indonesia. Taklimat bertujuan untuk menyebarluaskan ide dan informasi terkait Kongres Bahasa Indonesia XII. Momentum KBI itu adalah momentum yang tepat untuk menggali lebih dalam tentang bahasa Indonesia dan perkembangannya,” tuturnya pada kesempatan itu. Ia juga berharap agar KBI menjadi wahana bagi praktisi bahasa dan sastra Indonesia serta para pemangku kepentingan untuk bersatu padu dan berdiskusi guna merumuskan langkah-langkah strategis dalam pengembangan dan pembinaan bahasa di Indonesia. Selain itu, salah satu peserta diseminasi juga menyampaikan pendapatnya tentang KBI XII. “Sebagai warga Kalimantan Tengah dan bagian dari Indonesia. Kami merasa harus turut andil dalam pelaksanaan KBI XII. Acara ini adalah acara kita bersama,” ujar Leger, peserta Diseminasi Kongres Bahasa Indonesia XII di Kalimantan Tengah.

Kegiatan diseminasi kali ini dihadiri oleh beberapa instansi pemerintah dan tim media. Materi disampaikan oleh narasumber Dr. Maryanto, M.Hum. Selain itu, pemutaran video KBI karya Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah dan diskusi bersama narasumber yang dipandu oleh Ralph Hery Budhiono, M.A., Widyabasa Ahli Muda Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah. Pada kegiatan itu disampaikan juga lini masa rangkaian pelaksanaan Kongres Bahasa Indonesia XII yang dimulai sejak bulan Oktober 2022 sampai dengan puncak kegiatan pada tanggal 26 s.d. 29 Oktober 2023 yang akan dilaksanakan di Jakarta.

Sumber : Siaran Pers

Nomor:    /sipers/A6/VI/2022


Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah

 

Laman: www.balaibahasakalteng.kemdikbud.go.id

Twitter: twitter.com/bbkalteng

Instagram: instagram.com/balaibahasakalteng

Facebook: facebook.com/Balai Bahasa Kalteng

Youtube: Balai Bahasa Kalimantan Tengah

Pertanyaan dan Pengaduan: SIGAP BBKT (kemdikbud.go.id)



Ilham Sailar

jakarta

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa