Pelatihan Guru Utama Revitalisasi Bahasa Ogan dan Komering di Kabupaten Ogan Komering Ulu

Pelatihan Guru Utama Revitalisasi Bahasa Ogan dan Komering di Kabupaten Ogan Komering Ulu

Baturaja, 29 Mei 2023—Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan Pelatihan Guru Utama di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan pada 29--30 Mei 2023. Vita Nirmala selaku Koordinator KKLP Pelindungan dan Pemodernan Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan menyebutkan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 45 orang guru yang berasal dari 13 kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Selanjutnya, 45 orang guru ini akan melakukan pengimbasan kepada KKG dan MGMP di kecamatan hingga guru kelas mengajarkan ke siswa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu, H. Topan Indra Fauzi, memberikan apresiasi kepada Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan atas upaya pelindungan bahasa daerah. Ia meyakini bahwa kegiatan ini akan menjawab tantangan kecenderungan generasi muda meninggalkan bahasa ibu. Pada tahun mendatang dinas pendidikan bersama balai bahasa akan memperkuat kerja sama di bidang pelindungan bahasa dan sastra. Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan, Karyono, menyampaikan bahwa revitalisasi bahasa daerah bertujuan (1) untuk menggelorakan kembali penggunaan bahasa daerah dalam berbagai ranah kehidupan sehari-hari dan meningkatkan jumlah penutur muda bahasa daerah, (2) agar para penutur muda menjadi penutur aktif bahasa daerah dan mempelajari bahasa daerah dengan menyenangkan dan merdeka sehingga para penutur muda dapat menjaga kelangsungan hidup bahasa dan sastra daerah dengan penuh suka cita, (3) agar para penutur muda menciptakan ruang kreativitas dan kemerdekaan untuk mempertahankan bahasa daerahnya, dan (4) agar para penutur muda menemukan fungsi dan ranah baru dari sebuah bahasa dan sastra daerah.

Pelatihan Guru Utama ini merupakan tindak lanjut dari Diskusi Kelompok Terpumpun dan Rapat Koordinasi yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 9--11 Mei 2023 di Hotel Wyndham, Banyuasin. Pelaksanaan DKT dan rakor saat itu juga dihadiri Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru; Anggota Komisi X DPR RI Mustafa Kamal; dan Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Imam Budi Utomo. Selain itu, rakor juga dihadiri Ketua Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan, dan enam perwakilan pemerintah kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Muaraenim, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Timur, dan Kota Palembang.

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa