Penyebarluasan Informasi Kongres Bahasa Indonesia XII oleh Jurnalis Sulawesi Utara

Penyebarluasan Informasi Kongres Bahasa Indonesia XII oleh Jurnalis Sulawesi Utara

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek melaksanakan  Diseminasi Kongres Bahasa Indonesia  (KBI) XII pada tanggal 31 Mei 2023 di Hotel Luwansa, Manado, Sulawesi Utara. Lima puluh jurnalis media elektronik, cetak, dan daring serta para staf unit pelaksana teknis di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menghadiri kegiatan yang dilaksanakan secara hibrida tersebut. Narasumber yang mewakili panitia Kongres KBI XII, Dr. Dewi Puspita, menyampaikan materi secara luring. Selain itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara yang hadir juga turut menanggapi pertanyaan dan masukan para peserta kegiatan. Melalui kegiatan ini diharapkan agar masyarakat Sulawesi Utara memperoleh informasi mengenai pelaksanaan KBI XII.

Dalam sambutannya, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara, Januar Pribadi, S.I.P, M.M., menyampaikan bahwa KBI XII sangat strategis sebagai forum tertinggi yang membahas masalah kebahasaan dan kesastraan di Indonesia. Oleh karena itu, diharapkan dukungan masyarakat Sulawesi Utara untuk kegiatan yang dilaksanakan sekali dalam lima tahun tersebut.

Narasumber dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Dr. Dewi Puspita, menyampaikan paparan seputar pelaksanaan KBI yang telah dilaksanakan sejak tahun 1938. Pada tahun 2023 ini KBI mengangkat tema "Literasi dalam Kebinekaan untuk Kemajuan Bangsa" dan mengusung slogan Adibasa, Adiwangsa. Adibasa, Adiwangsa sebagai slogan KBI XII menyiratkan keinginan luhur untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai sumber kekuatan dan Indonesia menjadi negara yang diperhitungkan di tingkat dunia sebagai bangsa yang maju dan utama.

KBI XII Tahun 2023 memiliki tiga subtema utama, yaitu "Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah” dengan pembicara utama Stefania Giannini (Asisten Direktur Jenderal UNESCO untuk Pendidikan), "Literasi Bahasa dan Sastra Indonesia" dengan pembicara utama Najwa Shihab, dan "Internasionalisasi Bahasa Indonesia" dengan pembicara utama Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri Republik Indonesia). Tiga subtema tersebut bermuara pada peningkatan literasi bahasa dan sastra daerah serta literasi bahasa dan sastra Indonesia. KBI XII memiliki berbagai rancangan kegiatan, yaitu pengumuman pemakalah dan peserta terpilih, diseminasi kebahasaan dan kesastraan, pameran virtual, kelas mahir, dan persidangan. Pada bulan September hingga Oktober diselenggarakan Kelas Mahir sebagai program pelatihan intensif bagi para profesional di bidang kebahasaan. Program Kelas Mahir ini diharapkan menjadi jawaban atas tantangan yang dihadapi para profesional di bidang kebahasaan untuk mengembangkan wawasan dan meningkatkan kemampuan mereka. Ada dua bidang yang akan dijadikan materi dalam Kelas Mahir, yaitu Leksikograf Korpus dan Linguistik Forensik. Narasumber Kelas Mahir Leksikografi Korpus adalah Michael Rundell, Miloš Jakubí?ek, dan Vojt?ch Ková?. Sementara itu, narasumber Kelas Mahir Linguistik Forensik adalah E. Aminudin Aziz, Tahmineh Tayebi, dan staf dari Aston University. Tahapan terakhir dalam Kongres Bahasa Indonesia XII adalah persidangan yang akan diadakan pada tanggal 26—29 Oktober 2023. Pada tanggal 28 Oktober, rekomendasi hasil kongres akan diserahkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kepada Presiden Republik Indonesia.

Setelah sesi pemaparan, para peserta berdiskusi dengan narasumber dan Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara. Selain membahas informasi seputar KBI XII, para peserta juga menyampaikan saran agar tersedia program peningkatan kemampuan berbahasa bagi para jurnalis dan para jurnalis dapat mengikuti tes UKBI.

Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi



Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa