Penghargaan Mendikbudristek untuk Guru Bahasa Daerah dan Penulis Buku Bermutu sebagai Sosok Inspiratif

Penghargaan Mendikbudristek untuk Guru Bahasa Daerah dan Penulis Buku Bermutu sebagai Sosok Inspiratif

Sebagai kegiatan pembuka dari rangkaian acara perayaan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Karnaval Merdeka Belajar. Hardiknas tahun 2023 yang mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar” bertujuan untuk menumbuhkan talenta potensial melalui pengalaman artistik yang sekaligus menjadi wahana edukatif bagi masyarakat.

Karnaval Merdeka Belajar digagas dengan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara, yaitu Handaya Karsa Hambangun Tuladha yang menjadi momentum kebersamaan di ruang publik. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mengatakan bahwa semangat semarak kegiatan ini diharapkan mampu menginspirasi dan memantik seluruh unsur masyarakat untuk mengembangkan kemerdekaan belajar yang bermuara pada bentuk kreativitas cipta karya.

“Saya berharap, keteladanan filosofi Ki Hadjar Dewantara menginspirasi generasi selanjutnya guna memperkokoh barisan manusia berkualitas di masa mendatang,” tutur Mendikbudristek di Titik 0 Km Kota Yogyakarta pada Minggu, 28 Mei 2023.

Karnaval Merdeka Belajar dimulai dari Museum Benteng Vredeburg sebagai salah satu cagar budaya yang dikelola Kemendikbudristek. Kemudian karnaval mengarah ke Titik 0 Km Kota Yogyakarta sebagai wajah silang budaya Nusantara dan lahirnya kota pendidikan pertama Indonesia. Kegiatan ini melibatkan 500 peserta yang teridiri atas pelajar, masyarakat, dan pelaku seni budaya yang berasal dari sanggar maupun asrama mahasiswa yang disebut dengan Barisan Indonesia Belajar. Mereka menyuguhkan tampilan kreatif yang memadukan kreativitas tari, penataan cahaya, desain teknologi, dan musikalitas yang berkaitan dengan budaya. Adapun koreografernya adalah koreografer-koreografer muda dari Yogyakarta.

Barisan Indonesia Belajar terdiri atas Indonesia Bergerak, Indonesia Serempak, dan Indonesia Semarak. Untuk barisan Indonesia Bergerak, rombongan mengawali pergerakan dari Museum Benteng Vredenburg menuju ruas Jalan Marga Mulya (Malioboro Selatan). Barisan ini menyuguhkan tampilan yang mengambil inspirasi dari 24 episode Merdeka Belajar yang dikemas dalam nuansa seni kerakyatan.

Barisan Indonesia Serempak menghadirkan pertunjukkan di ruas Jalan Marga Mulya (Malioboro Selatan). Rombongan ini menari serempak secara kolosal dengan koreografi dan musik yang memadukan ragam bunyi Nusantara. Sementara itu, barisan Indonesia Semarak menghadirkan video mapping di fasad Bank BNI 46 yang memadukan stage dan street performance di Titik 0 Km Yogyakarta. Setiap kelompok peserta karnaval menyajikan pertunjukan dengan tema pendidikan Indonesia dari masa ke masa hingga era Merdeka Belajar.

Dalam rangkaian perayaan puncak Hardiknas 2023, Kemendikbudristek turut memberikan Anugerah Merdeka Belajar tahun 2023 kepada media, sosok inspiratif, dan mitra atas pencapaian dan dukungan terhadap kebijakan pendidikan dan kebudayaan. Anugerah tersebut diselenggarakan di Gedung Kesenian Trimurti, Kompleks Prambanan, Yogyakarta pada Senin, 29 Mei 2023.

"Kami di Kemendikbudristek percaya bahwa dengan mengembalikan sistem pendidikan Indonesia pada marwahnya, yakni kembali ke cita-cita Ki Hadjar Dewantara, anak-anak kita akan menjadi generasi penerus bangsa yang unggul," tutur Mendikbudristek. Oleh karena itu, selama tiga tahun terakhir Kemendikbudristek terus menghimpun seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat dalam gerakan Merdeka Belajar. Kemendikbudristek menjadi pembawa perubahan yang mendorong transformasi dan kemajuan pendidikan Indonesia.

Terdapat 33 penerima Anugerah Mitra yang terdiri atas subkategori (1) kementerian, (2) lembaga pemerintah, (3) dunia usaha dan dunia industri; (4) organisasi kemasyarakatan/organisasi nonpemerintah (dalam negeri), dan (5) organisasi internasional. Selanjutnya, terdapat 19 penerima Anugerah Sosok Inspiratif dan 10 penerima Anugerah Media Daring dan Cetak. Di antara Sosok Inspiratif yang menerima penghargaan Mendikbudristek adalah Rahmaniar, guru bahasa daerah di SMPN 2 Parepare, Sulawesi Selatan dan I Wayan Sudiana, guru bahasa daerah di SDN Padang Sambian, Bali. Dua sosok tersebut terpilih sebagai nomine Anugerah Sosok Inspiratif kriteria guru dengan terobosan pembelajaran bahasa daerah terbaik.

Seperti yang telah kita ketahui, upaya pelindungan bahasa daerah di Indonesia dalam program Merdeka Belajar Ke-17 menjadi program prioritas Kemendikbudristek yang diluncurkan pada 22 Februari 2022. Upaya tersebut terus dilakukan mengingat banyak bahasa daerah yang terancam punah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melestarikan bahasa daerah di dunia pendidikan melalui guru penggerak yang menanamkan rasa cinta berbahasa daerah kepada peserta didik. Sementara itu, penerima penghargaan sosok inspiratif lainnya adalah Fajriatun Nur Hidayati, salah satu penulis buku bacaan bermutu. Pada tahun 2021 kondisi literasi bangsa Indonesia sedang tidak baik-baik saja, literasi Indonesia dalam kondisi darurat. Karena melihat hal tersebut, Kemendikbudristek, melalui Badan Bahasa yang bekerja sama dengan berbagai pihak mengirim 2.574.052 buku ke wilayah 3T guna menanggapi kondisi darurat literasi. Upaya serius yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan literasi diabadikan dalam program prioritas Merdeka Belajar ke-23: Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia. Program tersebut berfokus pada pengiriman buku bacaan bermutu untuk jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar (SD) yang disertai dengan pelatihan bagi guru.

Sekretaris Jenderal, Suharti, mengungkapkan kekagumannya terhadap para penerima penghargaan khususnya kategori mitra dan sosok inspiratif. "Mereka telah menunjukkan kreativitas, inovasi, dan ketangguhan dalam mengejar cita-citanya. Mereka juga telah berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia dan dunia," ungkap Suharti.

Sebelumnya, Sekretaris Badan Bahasa, Hafidz Muksin, turut mengapresiasi ketiga sosok inspiratif. Hafidz berharap agar penerima penghargaan terus berinovasi dan berkarya tanpa batas sehingga dapat memberikan manfaat untuk kemajuan program pemerintah.


Ilham Sailar

jakarta

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa