Kunjungan Institut Francais Indonesia (IFI) ke Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa

Kunjungan Institut Francais Indonesia (IFI)  ke Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa

Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa (Pustanda) menerima kunjungan dari Institut Francais Indonesie (IFI). Julie Dupéroir, Atase Kerja Sama untuk Bahasa Prancis dan Karita Astri Moulia, Wakil Kerja Sama untuk Bahasa Prancis bertemu dengan Kepala Pustanda, Kepala Subbagian Tata Usaha, Ketua Tim Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) Penerjemahan, Ketua Tim KKLP BIPA, dan perwakilan staf KKLP Penerjemahan dan BIPA. Dalam pertemuan tersebut, Kepala Pustanda menyampaikan bahwa peningkatan bahasa asing, khususnya bahasa Prancis bagi pasukan Garuda Indonesia juga difasilitasi oleh Badan Bahasa. Pengajarnya merupakan staf dari Pustanda sesuai dengan kompetensi dan keahlian bahasa sasaran.

Pada pertemuan tersebut, setiap KKLP juga memaparkan program kerja dan capaian. Perwakilan IFI sangat tertarik dengan program KKLP Penerjemahan dalam hal pengembangan laman Penerjemahan Daring (Penjaring). Menurutnya, laman ini dapat digunakan oleh para pengajar bahasa Prancis sebagai salah satu bahan belajar terkait dengan kompetensi menerjemahkan bagi pemelajarnya. Selain itu, buku-buku terjemahan daring juga sangat bermanfaat jika digunakan di dalam pembelajaran bahasa Prancis.

Perwakilan IFI juga mengapresiasi program KKLP BIPA dalam hal pengiriman pengajar BIPA ke Prancis dan pengembangan bahan ajar BIPA berkonteks negara. Bahan ajar berkonteks negara yang dikembangkan oleh KKLP BIPA mengangkat tema-tema yang lebih dekat dengan asal negara pemelajar. Selain itu, bahan ajar ini juga dilengkapi dengan bahasa negara asal yang memudahkan pemelajar memahami isi buku. Menurut Julie Dupéroir, pengembangan bahan ajar ini berjalan beriringan karena IFI juga mengembangkan bahan ajar bahasa Prancis berkonteks Indonesia untuk pemelajar yang ada di Indonesia. Tujuan bahan ajar ini tentu saja agar pemelajar bahasa Prancis dapat lebih dekat dengan tema-tema yang ada di bahan ajar tersebut. Di akhir pertemuan, Kepala Pustanda dan perwakilan dari IFI menyampaikan harapan mengenai adanya potensi kerja sama antara IFI dan Pustanda.




Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa