Audiensi Kerja Sama Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM)

Audiensi Kerja Sama Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM)

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) menerima audiensi Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) di Aula Sasadu, Kantor Badan Bahasa, Jakarta pada Jumat, 21 Juli 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk membahas potensi kerja sama kedua lembaga dalam bidang kebahasaan dan kesastraan serta komunikasi serta program lainnya. Sekretatis Badan Bahasa, Hafidz Muksin, menyambut baik pertemuan tersebut. Ia berharap akan tercipta kerja sama yang baik di kedua lembaga. Hafidz menekankan bahwa kedua lembaga ini harus memiliki kerja sama yang jelas, terukur, dan dapat diimplementasikan dengan baik.

“Kita ingin kedua lembaga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat karena sebaik-baiknya manusia adalah yang banyak memberikan manfaat untuk orang lain. Begitu juga sebuah lembaga, harus banyak memberikan manfaat,” ujar Hafidz sembari menyampaikan moto Badan Bahasa Bermartabat Bermanfaat.

Hafidz yang saat itu didampingi tim Kerja Sama, Humas, dan Publikasi juga menyampaikan tiga program prioritas Badan Bahasa yang berfokus pada literasi, revitalisasi bahasa daerah, dan internasionalisasi bahasa Indonesia. Ketiga program tersebut akan menguat dengan dukungan dari ASPIKOM yang bergerak dalam dunia komunikasi publikasi. Tidak hanya itu, Hafidz menilai keberadaan ASPIKOM merupakan bagian penting dari ekosistem pendidikan yang mendukung kurikulum Merdeka Belajar.

Lebih lanjut, Hafidz juga berharap agar dalam kerja sama tersebut hendaknya ada unsur kesetaraan yang berarti kedua lembaga harus saling memberikan manfaat dengan bekerja bersama-sama, tidak hanya berfokus pada peningkatan akreditasi lembaga, tetapi program yang disepakati dapat berjalan dengan baik.

ASPIKOM merupakan asosiasi yang menghimpun para pengelola pendidikan tinggi dalam rumpun/bidang ilmu komunikasi, baik di tingkat jurusan maupun program studi atau fakultas di seluruh Indonesia. ASPIKOM didirikan pada tanggal 23 Maret 2007 di Salatiga, Jawa Tengah. Dalam pertemuan tersebut, ASPIKOM yang diwakili oleh Nur Kholisoh selaku Wakil Ketua Umum 3 Pengembangan ASPIKOM Wilayah Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, dan Kalimantan mengaku senang atas pertemuan tersebut. Ia dan rombongan juga berharap kerja sama yang dibangun lebih efektif, fokus, dan dapat dilaksanakan dengan matang.

“Terima kasih, kami ucapkan kepada Bapak Sesban dan juga tim yang telah menyambut kami dalam pertemuan kerja sama ini. Ada banyak hal yang bisa dikolaborasikan antara Badan Bahasa dan ASPIKOM yang nantinya memberikan manfaat untuk masyarakat. Saya setuju dengan Pak Sesban,” ungkap Nur Kholisoh sambil tersenyum.

Sebelum menuangkan program lembaganya, Nur Kholisoh turut mengenalkan beberapa pendamping yang hadir, yaitu Anna Agustina (Sekretaris Jenderal), Deddy Irwandy (Wakil Sekretaris Jenderal, Departemen V dan VI), Agustinus Rusdianto Berto (Ketua Bidang Penerbitan Buku ASPIKOM Korwil Jabodetabek), dan beberapa staf ASPIKOM yang bertugas dalam bidang kerja sama. Ada beberapa usulan kerja sama yang akan dilaksanakan, yaitu program Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), penyuluhan kebahasaan, peningkatan SDM antara kedua lembaga, serta program lainnya terkait tridarma perguruan tinggi. Tidak hanya itu, ia juga menyampaikan fasilitas ASPIKOM yang bergerak dalam dunia jurnalistik, siniar, kehumasan, penulisan berita, serta perfilman yang ada di berbagai perguruan tinggi. Berbagai fasilitas itu akan menjadi bahan perbandingan studi serta pelatihan yang berkaitan dengan layanan kehumasan dan publikasi serta layanan lain di Badan Bahasa. (DV)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa