Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2023

Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2023

Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Muh. Abdul Khak, secara resmi membuka kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional Tahun 2023 di Hotel Sultan Jakarta pada Senin, 25 September 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 62 orang duta bahasa sebagai perwakilan putra dan putri dari 31 provinsi. Kegiatan akan berlangsung pada tanggal 25--30 September 2023. Dalam sambutannya, Khak berharap agar para peserta menjadi generasi muda yang terus menjaga identitas bangsa, terutama dalam pengutamaan bahasa Indonesia dan pelindungan bahasa daerah. "Jika bahasa Indonesia dan bahasa daerah kuat dalam diri kalian, identitas ini tidak akan tergerus sekalipun kalian menguasai sepuluh bahasa asing,” ungkapnya. Selain itu, para peserta juga diharapkan mampu menjalin komunikasi dan membangun relasi yang baik antarsesama peserta. "Saya harap kalian semua dapat memanfaatkan pertemuan ini untuk menjalin komunikasi dan relasi yang baik sebab pintar saja tidak cukup. Biarlah kepintaran itu anda simpan sendiri. Namun, kesopanan, keramahan, komunikasi, dan relasi yang baik menjadi hal yang dikenang seseorang dalam diri Anda," tuntas Khak saat memberi motivasi.

Secara umum, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran generasi muda di Indonesia dalam memantapkan fungsi bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing sesuai dengan ranah penggunaannya masing-masing guna memperkuat karakter, martabat, dan daya saing bangsa pada era Revolusi 4.0 ini. Sementara itu, secara khusus tujuan kegiatan ini adalah untuk menentukan pemenang terbaik, pemenang harapan, dan pemenang terfavorit Duta Bahasa Tingkat Nasional Tahun 2023. Khansen Pranata Wirantober, Pemenang I Duta Bahasa Riau yang terpilih sebagai Pak Lurah dalam pemilihan Duta Bahasa Nasional, menyebutkan bahwa pertemuan tersebut hendaklah dipupuk dengan rasa cinta.  Dengan rasa cinta relasi akan makin Indah, mudah, dan dekat. "Saya sangat bersyukur atas pertemuan ini, bertemu dengan teman-teman dari Sabang sampai Merauke. Mari, kita pupuk pertemuan ini dengan rasa cinta agar kolaborasi dan relasi makin mudah, indah dan rekat," ungkapnya sembari menyampaikan visi misi.

Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional Tahun 2023 dilaksanakan melalui penyampaian materi dan penilaian. Materi yang disampaikan berkaitan dengan kebijakan pemilihan duta bahasa dan pengetahuan umum kebahasaan dan kesastraan. Sementara itu, untuk menentukan pemenang terbaik, dilakukan penilaian terhadap pengetahuan dan keterampilan peserta. Pemateri dan penilai terdiri atas pakar dan praktisi yang berasal dari lembaga profesional, universitas, dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Adapun materi dalam pemilihan ini adalah (1) Kebijakan Kebahasaan dan Kesastraan untuk Generasi Muda, (2) Peran Duta Bahasa sebagai Mitra Pelaksana Program Badan Bahasa, (3) Peningkatan Fungsi Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Internasional, dan (4) Pengutamaan Bahasa Indonesia dalam Berbagai Ranah. Selain itu, adapula materi tentang (5) Revitalisasi Bahasa Daerah, (6) Penulisan Artikel Kebahasaan dan Kesastraan (Penulisan Artikel Ilmiah Populer), (7) Pembuatan Konten Kebahasaan dan Kesastraan di Media Sosial, dan (8) Teknik Wicara Publik.

#DutaBahasa #DutaBahasaNasional


Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa