Festival Literasi Sumatera Utara 2023: Literasi sejak Dini, Literasi dari Hati

Festival Literasi Sumatera Utara 2023: Literasi sejak Dini,  Literasi dari Hati

Medan, 28 September 2023Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan Festival Literasi Tahun 2023 di Aula Sisingamangaraja XII, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Medan selama empat hari pada tanggal 25—28 September 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh 80 penggiat literasi dari 34 komunitas di sebelas kabupaten dan kota. Kegiatan Festival Literasi 2023 dilaksanakan sebagai tindak lanjut pemutakhiran data profil komunitas literasi yang telah dimulai sejak 2022. Pengategorian komunitas literasi terdiri atas kategori A, B, dan C dengan kategori A sebagai kategori paling baik dan dianggap sudah memenuhi komponen manajerial yang baik untuk mengadakan aktivitas literasi dan kelengkapannya.

Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara menghadirkan narasumber-narasumber yang cakap dan ahli di bidang literasi sebagai katalisator pengembangan komunitas literasi, yaitu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara, Wien Muldian (Ketua Umum Perkumpulan Literasi Indonesia), Benny Arnas (praktisi literasi, sastrawan), Nany Susilawati (Sekretaris Asosiasi Origami Indonesia-Sumut), dan Ismail Pong (Ketua Forum TBM Sumut). Peserta mendapat materi pelatihan manajemen dan penyusunan program literasi serta berdiskusi produktif tentang praktik baik berliterasi. 

Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra yang diwakili Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara, Hidayat Widiyanto, menjelaskan bahwa kegiatan festival ini merupakan ajang silaturahmi dan pemberdayaan untuk saling berkomunikasi dalam rangka penguatan dan peningkatan literasi di Sumatera Utara.

“Saya berharap, melalui diskusi-diskusi yang produktif dalam kegiatan ini bisa memberikan masukan untuk membuat agenda pemberdayaan atau hal-hal yang akan dilakukan dalam rangka penguatan dan peningkatan literasi di Sumut ke depannya,” ucap Hidayat saat membuka Festival Literasi Tahun 2023 pada Senin, 25 September 2023.

Eka Dalanta, perwakilan Ngobrol Buku, memberikan apresiasi untuk Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara yang telah melaksanakan Festival Literasi 2023 karena membantu komunitas literasi di Sumatera untuk saling bertemu dan membentuk jejaring yang baru. Eka juga menambahkan bahwa dia menunggu gebrakan baru dan kegiatan magang literasi yang diusung oleh Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara (BBPSU).

“Sebuah langkah bagus untuk mengumpulkan komunitas literasi karena ini sebagai apresiasi bagi kami dan menjadi wadah bagi komunitas literasi Sumut untuk mengenal dan berkumpul dan membentuk jejaring. Saya juga tidak sabar dengan rencana aksi BBPSU, magang literasi. Ini gerakan keren dan jangan pernah berhenti untuk kemajuan literasi di Sumatera Utara,” tutur Eka.

Muhammad Azhari, perwakilan Rumah Baca Laskar Pelangi Asahan, juga menyampaikan hal senada dengan Eka mengenai kegiatan Festival Literasi 2023. Azhari bersyukur dengan terlaksananya kegiatan ini, komunitas literasi mampu memberikan inspirasi dan bertukar gagasan untuk mengembangkan komunitas literasi di daerahnya.

“Festival Literasi 2023 merupakan salah satu kegiatan yang sangat bagus. Komunitas literasi di Sumatera Utara dikumpulkan dan dikenalkan satu dengan yang lain. Pameran produk dan aktivitas komunitas literasi juga menginspirasi saya untuk rencana pengembangan rumah baca saya. Kegiatan ini mengajarkan kami berkolaborasi untuk menciptakan ide baru yang akan meningkatkan kualitas rumah baca kami ke depannya,” pungkas Azhari.

Festival Literasi dimeriahkan dengan berbagai jenis perlombaan, seperti menggambar spontan dan  bermain membaca untuk jenjang SD, berlakon untuk jenjang SMP, dan konten literasi wajah sekolah untuk jenjang SMA. Kegiatan ini juga diharapkan mampu membangkitkan semangat anak sejak dini seperti tema kegiatan Festival Literasi Sumatera Utara 2023, yaitu “Literasi Sejak Dini, Literasi dari Hati”. (Nv)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa