Diseminasi Kepakaran Leksikografi

Diseminasi Kepakaran Leksikografi

Dalam rangka Kongres Bahasa Indonesia Ke XII Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengadakan kegiatan Diseminasi Kepakaran Leksikografi. Kegiatan yang berupa kelas mahir ini berlangsung pada tanggal 1—7 Oktober 2023 di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Ketua panitia Kelas Mahir, Azhari Dasman, menyampaikan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh 16 peserta, baik dari pihak internal Badan Bahasa maupun prakarsa pendidikan dari universitas di Indonesia yang telah terseleksi dari 29 peserta yang mendaftar. Para peserta terpilih ini merupakan orang yang mahir dalam bidang leksikografi. Azhari juga berharap agar para peserta memanfaatkan kegiatan kelas mahir ini dengan baik.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Imam Budi Utomo, menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber dari Lexicom atas ilmu yang diberikan dalam kegiatan kelas mahir ini dan berharap agar para peserta yang hadir dapat menjadi corong untuk pengisian Kamus Besar Bahasa Indonesia ke depan.

Kelas mahir leksikografi ini membahas penyusunan kamus berbasis korpus (corpus based-dictionary making) untuk tingkat lanjut. Kelas akan diampu oleh profesional berpengalaman dari Lexicom (Lexical Computing Inc.), yaitu Michael Rundell yang merupakan pekamus dan penulis buku The Oxford Guide to Practical Lexicography, Miloš Jakubícek (CEO Sketch Engine), dan Vojtech Kovár (Direktur Teknik Sketch Engine).

Lexicom adalah sebuah lembaga yang menyelenggarakan pelatihan dalam bidang leksikografi dan komputasi leksikal. Model pelatihannya menggabungkan kerja praktik dan perspektif teoretis dalam pembuatan kamus berbasis korpus dan perangkatnya. Lembaga ini telah berdiri sejak tahun 2001 di London dan telah mengadakan berbagai seminar, kuliah kelas master (master class), dan sebagainya  untuk topik leksikografi dan komputasi leksikal, serta telah memiliki 450 orang lebih alumni di seluruh dunia. (Tian)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa