Pameran Niaga Bahasa di Kupang

Pameran Niaga Bahasa di Kupang

Untuk pertama kali, Pameran Niaga Bahasa akan digelar di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Acara ini berlangsung pada Sabtu, 23 September 2023 di Lippo Plaza Kupang. Pameran Niaga Bahasa dihelat oleh Ikatan Duta Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur (Ikadubas NTT) yang bekerja sama dengan Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pameran ini akan diisi oleh beragam UMKM di NTT dan Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan menampilkan produk-produk andalannya.

Niaga bahasa merupakan krida duta bahasa yang bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi bahasa Indonesia dan daerah melalui pemanfaatan bahasa dan sastra sebagai prasarana untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat. Duta bahasa adalah generasi muda yang peduli untuk memperkuat jati diri bangsa dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia dan daerah. Sebagai duta bahasa, tuntutan yang harus dilakukan adalah melaksanakan krida kebahasaan guna mengimplementasikan Trigatra Bangun Bahasa yang berbunyi utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing. Sementara itu, kantor bahasa ialah unit pelaksana teknis di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) yang bertugas melaksanakan pelindungan dan pemasyarakatan bahasa dan sastra Indonesia di tingkat provinsi.

Pameran Niaga Bahasa merupakan acara yang menyajikan pameran layanan Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur, pameran UMKM, gelar wicara yang bertema “Pengutamaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik” dan “Niaga Bahasa”, kampanye #KetongJagaBahasa, dan unjuk bakat dari Duta Bahasa Provinsi NTT. Pengunjung Lippo Plaza Kupang selama sehari dapat melihat-lihat dan berkonsultasi terkait dengan layanan kebahasaan dan kesastraan di stan Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur. (denis)





Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa