Calon Penulis Muda Berbahasa Daerah dari Tanah Cenderawasih

Calon Penulis Muda Berbahasa Daerah dari Tanah Cenderawasih

Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Hafidz Muksin, secara resmi membuka kegiatan Kemah Penulisan Cerita Pendek Berbahasa Daerah di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura pada Kamis, 23 November 2023. Kegiatan yang berlangsung hingga 26 November ini bertujuan untuk melatih para siswa berbakat agar lebih intensif dan termotivasi menulis cerpen dalam bahasa daerah. Hafidz menyebut bahwa peningkatan sumber daya manusia (SDM) adalah kunci keberhasilan suatu bangsa. Melalui kegiatan Kemah Penulisan Cerpen Hafidz berharap lahir talenta-talenta yang aktif menulis, berpikir kritis, kreatif, dan inovatif, serta mampu melestarikan bahasa daerah melalui karya atau tulisan.

Hafidz menyampaikan bahwa cerpen berbahasa daerah tersebut akan dibukukan dan dicetak seperti buku Zamrud Khatulistiwa yang memuat kumpulan cerpen berbahasa daerah dan dicetak pada tahun sebelumnya. Hafidz berharap akan lahir sastrawan muda berbakat dari tanah Cenderawasih yang melestarikan bahasa daerah.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Papua, Sukardi Gau, menyebut bahwa Kemah Cerpen merupakan tindak lanjut dari kegiatan Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) yang dilaksanakan di sembilan kabupaten/kota. Adapun tema penulisan cerpen ini dibebaskan sesuai dengan pilihan anak, tetapi diarahkan untuk menulis dalam bahasa daerah dengan tema lingkungan, seni, dan budaya. Ia berharap agar anak-anak muda terus berkarya dan menghidupkan bahasa daerah dalam kehidupan sehari-hari. (Devi Virhana)

Dokumentasi


Ilham Sailar

jakarta

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa