Minat Baca Tinggi, Perpustakaan Sekolah di Papua Tak Memadai

Minat Baca Tinggi, Perpustakaan Sekolah di Papua Tak Memadai

Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Hafidz Muksin, didampingi Kepala Balai Bahasa Papua, Sukardi Gau, beserta staf mengunjungi SDN Inpres VIM 3 Kotaraja, Papua pada Kamis, 23 November 2023. Sekolah tersebut merupakan sekolah yang menjadi sasaran program pengiriman bantuan Buku Bermutu ke wilayah 3T yang dilakukan Badan Bahasa pada tahun 2022 lalu. Peninjauan tersebut disambut langsung oleh Royke Tombokan dan para siswa yang berbaris di lapangan.

“Kami ucapkan selamat datang kepada Sekretaris Badan Bahasa, Hafidz Muksin, beserta rombongan di sekolah kami. Suatu kehormatan bagi kami semua,” ungkap Royke sembari memasangkan mahkota khas Papua.

Hafidz Muksin kala itu memberikan motivasi tentang pentingnya membaca buku kepada para siswa. Menurutnya, membaca buku sangat penting dan menjadi salah satu cara untuk menguasai ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu, Hafidz juga dinanti oleh tiga siswa yang menjadi duta bahasa di sekolah tersebut. Mereka membacakan buku bacaan bermutu untuk para siswa, bahkan ada dari mereka menceritakan cerita yang dihafal tanpa melihat buku. Setelah itu, Hafidz turut melemparkan pertanyaan seputar materi yang ada di dalam buku dan dengan semangat anak-anak menjawab pertanyaan Hafidz.

Setelah seremoni di lapangan sekolah, Hafidz dan rombongan berdiskusi dengan pihak sekolah seputar kondisi buku dan bagaimana meningkatkan minat baca anak setelah mendapatkan buku bermutu. Roy, Kepala Sekolah yang pernah menjadi penyiar itu mengungkapkan bahwa siswanya memiliki semangat yang tinggi untuk membaca. Para siswa menyenangi buku-buku yang dihiasi gambar-gambar menarik. Banyak siswa yang menamatkan buku bacaan dan merasa belum cukup. Namun, kondisi perpustakaan yang harusnya menjadi tempat nyaman untuk membaca belum layak ditempati.

Untuk menanggapi hal tersebut, Hafidz berupaya untuk berkoordinasi dengan pemerintah untuk memperhatikan kualitas dan sarana pendidikan agar para siswa nyaman dalam menimba ilmu. Di akhir pertemuan, Roy mengucapkan terima kasih atas kehadiran rombongan dan mengaku siap untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan, khususnya literasi siswa yang ia didik. (Devi Virhana)




Ilham Sailar

jakarta

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa