Ganjar Harimansyah Raih Penghargaan Pegawai Berprestasi Kemendikbudristek Tahun 2023

Ganjar Harimansyah Raih Penghargaan  Pegawai Berprestasi Kemendikbudristek Tahun 2023

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun 2023 kembali menyelenggarakan acara Penganugerahan Penghargaan Pegawai Berprestasi dan Unit Kerja Pengelolaan Sumber Daya Manusia Terbaik atau SDM Award di lingkungan Kemendikbudristek pada tanggal 12 Desember 2023. Acara berlangsung di Gedung A, Lantai 3, Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta.

Pada tahun ini terdapat dua kategori penghargaan pegawai berprestasi, yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan Jabatan Fungsional Dosen dan PNS selain Jabatan Fungsional Dosen. Dalam laporannya, Ambar Musyarifah, Kepala Biro Sumber Daya Manusia, mengatakan bahwa  terdapat 109 pegawai yang diusulkan untuk menjadi pegawai berprestasi dari 42 unit kerja di lingkungan Kemendikbudristek. Setelah dilakukan tahap seleksi, terdapat 51 pegawai yang memenuhi persyaratan awal pemilihan pegawai berprestasi. “Setelah melalui tahapan seleksi, diperoleh 20 besar pegawai berprestasi dengan perincian: 4 dari dosen dan 16 selain dosen dengan jabatan struktural, fungsional, dan pelaksana,” tutur Ambar.

Sementara itu, Pengelolaan SDM Award terdiri atas empat kategori, yaitu Unit Kerja Wilayah Sekretariat Jenderal, Sekretariat Unit Utama, Perguruan Tinggi Negeri dengan lebih dari 500 pegawai, dan Perguruan Tinggi Negeri dengan kurang dari 500 pegawai. Tiga pegawai dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) masuk ke dalam nominasi 20 pegawai berprestasi PNS selain Jabatan Fungsional Dosen, yaitu Drs. Muh. Abdul Khak, M.Hum., Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra; Dr. Ganjar Harimansyah, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan; dan Lukman, Penerjemah Ahli Muda pada Kantor Bahasa Jambi. “Alhamdulillah, Badan Bahasa berhasil menempatkan tiga wakilnya di 20 besar dan satu di antaranya menjadi Terbaik Pertama Pegawai Berprestasi Tahun 2023,” tutur Hafidz Muksin, Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Hafidz menyampaikan bahwa capaian tiga pegawai tersebut di tingkat Kemendikbudristek merupakan prestasi yang membanggakan. Hal itu menjadi motivasi bagi pegawai lainnya untuk terus meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya mewujudkan Badan Bahasa Bermartabat-Bermanfaat. “Capaian tersebut sekaligus menunjukkan bahwa upaya yang telah dilakukan Badan Bahasa dalam ajang pemilihan pegawai berprestasi telah menghasilkan SDM yang berprestasi dan berkinerja tinggi,” pungkas Hafidz.

Penghargaan Pegawai Berprestasi Terbaik I di Kemendikbudristek untuk kategori PNS selain Jabatan Fungsional Dosen diberikan kepada Ganjar Harimansyah dari Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti. Menurut Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, tujuan penganugerahan penghargaan pegawai berprestasi adalah untuk mengapresiasi pegawai di lingkungan Kemendikbudristek terhadap inovasi yang telah diberikan dalam bekerja, sedangkan penghargaan pengelolaan SDM bertujuan untuk membangun pengelolaan sumber daya manusia yang berkualitas di Kemendikbudristek. “Penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas serta kinerja pegawai di seluruh unit kerja di lingkungan Kemendikbudristek,” tutur Suharti.

Adapun beberapa prestasi Ganjar Harimansyah adalah selama menjabat sebagai Kepala Balai Bahasa, Ganjar Harimansyah telah melakukan kerja sama di bidang kebahasaan dan kesastraan dengan 35 kabupaten/kota, 12 PTN/PTS, serta 6 MGMP di Jawa Tengah. Selain itu, ia juga aktif membina kelompok bahasa dan seni seniman lokal yang bertujuan untuk memperkaya perkembangan sastra di Sulawesi Selatan.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Aminudin Aziz, menyatakan bahwa tim Badan Bahasa tampaknya belum lelah dan tiada bosan untuk terus berprestasi. Atas kerja keras dan kerja cerdas yang didasari rasa ikhlas, semua dapat berprestasi. “Terima kasih secara khusus kepada Abdul Khak, Ganjar Harimansyah, dan Lukman yang ikut dan akan terus mengharumkan nama baik Badan Bahasa,” harap Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa