Kunjungan Studi Akademik Lapangan Mahasiswa Program Studi Sastra Bali Universitas Udayana di Badan Bahasa

Kunjungan Studi Akademik Lapangan Mahasiswa Program Studi Sastra Bali Universitas Udayana di Badan Bahasa

Jakarta, 24 April 2024--Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tanggal 24 April 2024 kedatangan Mahasiswa dari Universitas Udayana, Denpasar Bali. Sejumlah 67 orang Mahasiswa angkatan 2021/2022 dan 3 orang dosen pendamping hadir dalam kunjungan ini. Kegiatan unjungan ini dilaksanakan dalam rangka Studi Akademik Lapangan yang secara rutin dilakukan 2 tahun sekali. 

Pembina Himpunan Sastra Bali, I Gde Nala Antara, mengatakan, “Kunjungan ke Badan Bahasa untuk mengenalkan kepada mahasiswa bahwa Badan Bahasa merupakan salah satu lembaga yang sangat terkait dan berhubungan dengan bidang studi yang dimiliki oleh Program Studi Sastra Bali.” 

Selanjutnya, I Gde Nala Antara mengungkapkan, “Melalui Balai Bahasa Provinsi Bali, sebagai kepanjangan dari Badan Bahasa yang ada di pusat, sejak dahulu kami telah melakukan kerja sama yang begitu baik sebab Kepala Balai Bahasa Provinsi Bali sebelumnya juga berasal dari dosen yang ada di Fakultas Seni Budaya Universitas Udayana.” Kemudian, beliau pun berharap agar Mahasiswa bisa berkiprah, berkarir, serta turut mengabdi di Lembaga Badan Bahasa.

Ketua Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) Pembinaan Bahasa dan Hukum, Eko Marini, menyampaikan terkait catatan ujian bahasa yang dibuka setiap tahunnya. “Mudah-mudahan dengan adanya catatan ujian bahasa pada salah satu alumni bisa dijadikan peluang karier ke depannya”

Selanjutnya, Eko Marini juga mengatakan, “Kami menyambut baik kunjungan Studi Akadamik Lapangan Mahasiswa yang berlangsung pada 23 April 2024. Kami berharap semoga ini bukan kunjungan yang terakhir, baik dalam rangka studi pendidikan maupun hal lainnya.”

Eko Marini juga menginformasikan, “Saat ini beberapa universitas juga sudah menyiapkan jadwal untuk berkunjung ke Badan Bahasa yang berarti menjalin kolaborasi dan kerja sama dengan Badan Bahasa.” (Rizky Akbar)





Ilham Sailar

jakarta

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa