Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Terima Penghargaan dari Pj. Bupati Jepara

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Terima Penghargaan dari Pj. Bupati Jepara

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Jepara pada 25 Mei 2024 pada kegiatan Gelar Karya dan Pentas Seni Pendidikan Tahun 2024. Penyerahan piagam penghargaan yang ditandatangani Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta, A.T.D., S.H., M.M., itu dilaksanakan di Alun-Alun 1, Jalan Kartini, Jepara. Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan tersebut karena dukungan, kerja sama, dan kontibusinya dalam melestarikan bahasa daerah melalui program Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) yang salah satu tahapannya ialah Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI). Pj. Bupati Jepara yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora), Ali Hidayat, S.Pd., M.M., mengatakan bahwa pihaknya memberikan apresiasi kepada Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah yang telah sukses menyelenggarakan program Merdeka Belajar Episode Ke-17: Revitalisasi Bahasa Daerah. Program tersebut mendorong Pemerintah Kabupaten Jepara melalui Disdikpora dalam pelestarian bahasa daerah.

“Alhamdulillah, dalam Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) pada tahun 2023 di Kota Semarang, Kabupaten Jepara menjadi juara umum. Pada FTBI tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Jepara, kami siap mendukung,” ujar Ali Hidayat usai penyerahan piagam penghargaan kepada Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Ali Hidayat menjelaskan bahwa pihaknya menyelenggarakan Gelar Karya dan Pentas Seni Pendidikan Tahun 2024 tersebut untuk meningkatkan apresiasi terhadap kinerja guru, peserta didik, tenaga pendidikan, dan manajemen pendidikan di Kabupaten Jepara. Selain pemberian apresiasi, dalam acara Gelar Karya dan Pentas Seni Pendidikan itu juga diluncurkan buku bacaan bermutu, pemutaran film, tahtiman Al-Qur’an, senam aerobik, serta penampilan musik The King’s Band.

“Guru-guru sekolah dasar telah menyusun dan menerbitkan buku bacaan bermutu sebanyak 667 judul sehingga kami mengapresiasinya dengan meluncurkan buku kategori fiksi tersebut dalam acara ini,” jelasnya.

Ali juga menjelaskan bahwa dalam acara tersebut juga terdapat 150 stan pameran yang terdiri atas 70 stan lembaga pendidikan dan 80 stan UMKM. Adapun pentas seni diikuti oleh 72 penampil untuk memberikan ruang ekspresi bagi talenta peserta didik. Sebagian besar penampil dalam pentas seni tersebut adalah para juara lomba seni FLS2N.

“Acara ini merupakan kerja sama antara Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Jepara dengan Kantor Kementerian Agama Jepara. Oleh karena itu, yang mengisi acara ini adalah lembaga pendidikan yang ada di bawah dua lembaga tersebut,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin, M.Hum., menyampaikan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Jepara melalui Pj. Bupati Jepara. Gelar Karya dan Pentas Seni Pendidikan Tahun 2024 di Alun-Alun Jepara tersebut merupakan ajang penguatan dan kebersamaan dalam memajukan pendidikan di kota ukir itu. Ia menjelaskan bahwa Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah akan melaksanakan FTBI tingkat provinsi tahun 2024 di Kabupaten Jepara. Tahun 2024 akan dilaksanakan dua kegiatan FTBI, yaitu FTBI jenjang SMP dan FTBI jenjang SD yang akan dihadiri oleh setiap perwakilan dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Terima kasih atas kerja sama antara Disdikpora Kabupaten Jepara dan Balai Bahasa. Hal ini sangat penting karena menjadi komitmen bersama dalam pelestarian bahasa daerah di Provinsi Jawa Tengah,” ungkapnya.


Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa