Perpustakaan Badan Bahasa Meriahkan Pameran Hardiknas di Gorontalo

Perpustakaan Badan Bahasa Meriahkan Pameran Hardiknas di Gorontalo

Dalam rangka Semarak Bulan Merdeka Belajar untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, UPT Kemendikbudristek di Provinsi Gorontalo mengadakan Pameran Karya Pendidikan: Bergerak Bersama Wujudkan Merdeka Belajar di ruang pameran Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo. Pameran ini dimeriahkan dengan 18 stan yang terdiri atas stan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, BPMP Provinsi Gorontalo, 12 Sekolah Penggerak dari BGP Provinsi Gorontalo, Perguruan Tinggi Swasta LLDIKTI Wilayah XVI, Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo, BPK Wilayah XVII, Perpustakaan Daerah, Perpustakaan UNG, dan stan Pojok Sastrawan.

Sebanyak 18 stan memamerkan produk unggulan sekolah penggerak yang berupa hasil karya tekstil, seperti jilbab karawo, kain karawo, dan daur ulang yang bernilai ekonomi, buku bacaan anak dan umum, program unggulan satker, makanan khas, dan lain-lain. Selain kontributor pameran, kegiatan ini dimeriahkan oleh satuan pendidikan yang ditugasi oleh Dinas Pendidikan di Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorotalo untuk hadir dalam acara-acara yang diagendakan oleh UPT Kemendikbudristek, seperti siniar dan sosialisasi pendidikan, gim Quiziz, gim Kahoot, serta pengundian hadiah yang dilaksanakan selama satu jam sekali.

Dwi Pudjiastuti, Pustakawan Ahli Muda, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menyebut bahwa animo pengunjung sangat tinggi. Dalam dua hari, yaitu tanggal 7 dan 8 Mei 2024, stan Badan Bahasa diserbu hampir 400 pengunjung, terutama anak-anak. Mereka tertarik membaca buku-buku bergambar. Selain itu, Badan Bahasa juga menyajikan kuis kebahasaan dengan hadiah yang menarik, seperti buku bacaan bermutu, payung, kaos,  boneka, dan topi.

"Pengunjung sangat antusias datang ke stan Badan Bahasa, hampir 400 orang khususnya anak-anak. Mereka tertarik untuk membaca buku bacaan bergambar, juga tertarik mengikuti kuis bahasa," ungkapnya.

Sebagai upaya peningkatan motivasi membaca pada anak, Dwi menyebut bahwa pihaknya turut memberikan tantangan bagi siswa. Siswa yang mampu membaca lebih dari dua buku akan mendapat hadiah khusus sehingga tantangan tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Pameran ini menjadi rangkaian kegiatan peresmian Gedung Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo yang dihadiri oleh Rektor Universitas Negeri Gorontalo, IAIN Sultan Amai, Universitas Bina Mandiri, pimpinan universitas negeri dan swasta lain, Kepala UPT Kemendikbudristek di Gorontalo, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti), Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP), Balai Guru Penggerak (BGP), dan Balai Pemeriksa Keuangan (BPK) Wilayah XVII. Selain itu, Staf Khusus Mendikbudristek Bidang Pemerintahan, Bidang Komunikasi dan Media, Staf Khusus Bidang Kompetensi dan Manajemen, Kepala Biro Perencanaan dan Kepala Biro Umum dan PBJ, Kemendikbudristek, serta pejabat eselon II di lingkungan Badan Bahasa juga turut hadir pada kegiatan tersebut. (Devi Virhana)

Dokumentasi


Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa