Selebgram Kencampur Puji Perpustakaan Badan Bahasa

Selebgram Kencampur Puji Perpustakaan Badan Bahasa

Jakarta—Kenji Sato atau yang akrab disapa Kencampur mengunjungi Perpustakaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) pada Rabu, 12 Juni 2024. Ken tidak hanya datang untuk membaca, tetapi juga untuk mengetahui koleksi buku yang ada di Badan Bahasa. Saat ditanya soal buku kesukaan, Ken mengaku bahwa ia menyukai karya-karya sastra Indonesia, salah satunya novel karya Pramoedya Ananta Toer.

“Saya suka membaca buku, khususnya buku sastra. Di antara novel-novel karya Pramoedya Ananta Toer, judul favorit saya adalah Bumi Manusia,” ungkap Pria yang tengah belajar bahasa Indonesia lewat program BIPA ini.

Ken juga menyebutkan bahwa sastra Indonesia memiliki gaya bahasa yang menarik dan mudah dipahami. Selain itu, cerita di dalamnya dapat mengaktifkan imajinasi pembaca.

“Menurut saya, karya sastra Indonesia sangat menarik. Bahasanya mudah dipahami dan membuat saya berimajinasi dengan cerita di dalamnya. Yang pasti, membaca dapat menambah wawasan kita. Dari novel ini saya bisa tahu sejarah Indonesia juga,” ungkapnya sembari menunjuk salah satu novel.

Lebih lanjut, Ken mengaku nyaman dengan suasana perpustakaan tersebut. Selain tempatnya yang bersih, pelayanan yang diberikan kepada pengunjung juga baik. Baginya, perpustakan adalah sumber ilmu yang memang harus membuat nyaman orang yang berada di dalamnya.

“Perpustakaan ini bersih sekali, nyaman, dan pelayanannya bagus,” ungkap Ken dengan logat Jepangnya.

Saat berkeliling melihat koleksi buku, Ken berhenti saat melihat KBBI Braille. Kepada petugas, Ken sempat menanyakan buku tersebut karena ia belum pernah melihatnya. Petugas yang saat itu mendampinginya menjelaskan bahwa KBBI Braille merupakan kamus yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas netra. Kamus tersebut disusun demi mewujudkan keadilan dan kesamarataan informasi untuk semua kalangan masyarakat.

“Oh, ini kamus yang menarik dan tebal juga! Saya belum pernah melihat kamus ini di Jepang,” ungkap Ken sambil memotret kamus tersebut.


Diketahui bahwa Ken memang kerap membuat konten di akun  media sosial @kencampur. Kontennya yang sering viral didominasi konten tentang makanan khas Indonesia. Tak jarang Ken juga membuat konten seputar kesehariannya di Indonesia. Pada akhir masa kunjungannya, pria dengan pengikut 329.000 ini mengungkapkan bahwa ia berniat membuat konten kesastraan yang memuat materi seputar karya novel dan akan mengajak pengikutnya untuk lebih mencintai sastra Indonesia. (Devi Virhana)




Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa