Badan Bahasa, Kemendikbudristek Semarakkan Pameran Harganas 2024

Badan Bahasa, Kemendikbudristek Semarakkan Pameran Harganas 2024

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berpartisipasi dalam Pameran Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI pada 27—29 Juni 2024. Kegiatan ini diselenggarakan di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah. 

Berbagai kegiatan menarik dan edukatif turut memeriahkan pameran ini, di antaranya seminar kesehatan keluarga, lokakarya pengasuhan (workshop parenting), lomba mewarnai untuk anak-anak, dan berbagai gerai (booth) yang menyediakan informasi dan layanan tentang kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan keluarga. Selain itu, pengunjung juga dapat mengikuti cek kesehatan secara gratis yang disediakan oleh beberapa instansi medis yang bekerja sama dengan BKKBN. Pada Hari Keluarga Nasional 2024 ini juga diagendakan beberapa acara seremonial, yakni Menyinergikan Gerak dan Langkah Keluarga Indonesia Mencegah Stunting, pemberian tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya (SWK) tahun 2024 oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK), stan pelayanan KB, serta Pameran Program Bangga Kencana. 

Selain Badan Bahasa, beberapa unit utama Kemendikbudristek turut menyemarakkan kegiatan pameran dan gelar dagang UMKM dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke-31 tahun 2024 dengan tema “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”. Kemendikbudristek yang diwakili beberapa unit utamanya, antara lain Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Pusat Penguatan Karakter, Direktorat PAUD, Pusat Perbukuan, serta Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat menyemarakkan pameran tersebut.

Dalam Pameran Harganas 2024 ini, stan pameran Kemendikbudristek berukuran 6 x 2 meter dengan konsep ruang baca santai yang dilengkapi sofa bean bag berwarna-warni untuk menarik minat pengunjung, khususnya keluarga yang membawa anak-anak. Selain itu, stan pameran dilatari aksen awan dan diterangi lampu-lampu untuk menambah kenyamanan pengunjung yang singgah untuk membaca buku bersama keluarga atau mendapatkan informasi perihal buku-buku yang disediakan Kemendikbudristek. 

Stan Kemendikbudristek diisi oleh berbagai produk literasi dari unit-unit utama Kemendikbudristek. Tidak kurang dari 100 eksemplar buku bacaan anak-anak dari Badan Bahasa dipamerkan dalam acara tersebut, di antaranya 50 eksemplar buku Zamrud Khatulistiwa: Antologi Cerita Anak Berbahasa Daerah (Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Badan Bahasa) dan 30 buku bacaan anak-anak (Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah) serta berbagai suvenir, seperti kaus, tumbler, dan boneka Bebe, dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang antusias mengunjungi stan pameran Kemendikbudristek.

Bahan publikasi lainnya, seperti buku-buku, tumbler, stiker dari Pauddikdasmen, Pusat Penguatan Karakter, dan Pusat Perbukuan turut dibagikan secara gratis kepada pengunjung. Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat pun memamerkan bahan-bahan publikasi, seperti Majalah Jendela Kemendikbudristek, dan membagikan kaus, stiker, dan tumbler Merdeka Belajar kepada pengunjung yang telah bersedia untuk memberikan testimoni.

Hari Keluarga Nasional 2024

Harganas merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI di setiap kota di Indonesia. Puncak perayaan Harganas adalah bentuk peringatan akan pentingnya keluarga. Harganas diperingati setiap 29 Juni yang bertepatan dengan momentum dimulainya gerakan Keluarga Berencana Nasional atau hari Kebangkitan Keluarga Indonesia. Tema peringatan Harganas ke-31 adalah "Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas". Harganas kali ini juga menjadi sebuah momen untuk kembali mengingat peran penting keluarga dalam membentuk karakter generasi muda. 

Pameran Hari Keluarga Nasional yang berlangsung selama tiga hari ini tidak hanya menampilkan berbagai program literasi, tetapi juga berbagai kegiatan edukatif dan hiburan. Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Kemendikbudristek, acara ini berhasil menarik perhatian ribuan pengunjung dari berbagai kalangan. Tidak kurang dari 10.000 pengunjung memadati lapangan Simpang Lima, Semarang pada acara puncak Harganas tahun 2024. 

Dalam lingkungan keluarga, pendidikan literasi dimulai sejak dini. Oleh karena itu, Kemendikbudristek menyediakan berbagai layanan buku bacaan bermutu berdasarkan jenjang usia anak. Partisipasi Kemendikbudristek dalam Pameran Hari Keluarga Nasional ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan literasi di Indonesia. Program ini juga diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada keluarga-keluarga untuk menjadikan aktivitas membaca sebagai bagian dari kegiatan sehari-hari di rumah. 

Program literasi yang disemarakkan dalam pameran ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat, terutama anak-anak di jenjang PAUD dan sekolah dasar. Literasi yang kuat diharapkan dapat menjadi fondasi dalam menciptakan generasi yang lebih baik dan siap untuk menghadapi tantangan masa depan. (MA)


Dokumentasi


Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa